19 Maret 2009

demam situs jejaring sosial


hai hai ,,. kali ini aku akan membahas bukan tentang hardware, tetapi tentang berita teknologi yang lain. Nah, aku akan membahas tentang jejaring sosial. Para pembaca tau jejaring sosial ? jika tidak tahu, aku akan memberi tahu arti gampangnya. situs jejaring sosial itu situs pertemanan seperti friendster, facebook, multiply, dll. Aku akan membahas ini karena pada saat ini jejaring sosial lagi booming atau lagi hot - hotnya.

Bagi orang yang suka berinternet ria, mungkin situs jejaring ini sudah bukan hal asing lagi. Atau bahkan blog juga sudah tidak awam lagi. Di kota tempat tinggalku, sekarang yang masih demam adalah friendster. Karena friendster bisa di edit - edit dan bisa di tambahkan beberapa aplikasi. Dan facebook masih jarang karena termasuk situs jejaring sosial yang formal, tidak bisa diedit - edit sekenaknya. Tetapi, di dunia, friendster tidak begitu dikenal, friendster hanya dikenal di kawasan asia pasifik. Dan facebook sudah terkenal di seluruh dunia.

Selain situs jejaring sosial umum tersebut, ada juga situs jejaring khusus islam, yaitu muxlim. Muxlim lebih meniru ke facebook dan bisa dikoneksikan ke facebook. Situs jejaring sosial ini sekarang sudah mulai berkembang. Situs jejaring sosial juga dimanfaatkan untuk kampanye bagi caleg. Yah, di jaman yang sudah memasuki jaman serba teknologi ini, orang bisa kampanye lewat facebook. Contoh yang berhasil adalah presiden Amerika yang baru, yaitu Barrack Obama. Beliau kampanye menggunakan teknologi, salah satunya facebook.

Situs jejaring sosial juga memberikan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah kita bisa mencari teman seolah - olah tanpa dibatasi jarak dan waktu. Dampak negatifnya adalah kita akan cenderung keluar dari komunikasi di dunia nyata, contohnya dengan tetangga, bahkan ada yang tidak tahu nama tetangganya sendiri, padahal dia mengenal orang yang jaraknya jauh lewat situs jejaring sosial ini.

Yah, mau tidak mau, situs jejaring sosial ini memang harus diterima. Tetapi kita harus menaggapinya dengan cermat. Sekian posting teknologi dari saya, kasih comment dan saran. Salam techno,(tito)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge