17 Maret 2009

OLPC ?


Apakah anda pernah mendengar istilah ini ? bagi yang belum tahu, saya akan memberi tahu. OLPC adalah singkatan dari One Laptop Per Child. Yang merupakan program yang mengusahakan semua anak di dunia memiliki laptop. hal ini diusahakan dengan mengadakan laptop dengan harga yang super murah. Program ini dilakukan di negara - negara berkembang. Pemrakarsa program ini adalah Nicholas Negroponte.

Salah satu negara yang sukses adalah India. Disana, laptop dari program OLPC berharga sekitar 100-200 ribu rupiah. Sehingga anak - anak disana dapat membeli laptop dengan harga sangat terjangkau. Beberapa perusahaan juga sudah bersedia menjadi pendukung program tersebut. Laptop ini akan mengandalkan kemampuan internetnya, karena tujuan dari program ini adalah untuk mempermudah anak - anak usia sekolah di negara berkembang untuk bisa mengakses bahan pelajaran dari internet.

Dampak dari murahnya harga laptop OLPC adalah spesifikasi komputer yang rendah. Jadi, bisa dibilang, laptop ini hanya bisa untuk berinternet, dan membuka bahan pelajaran yang tidak terlalu berat. India saja sudah berhasil melaksanakan program ini, mengapa Indonesia belum bisa melaksanakannya ? Padahal SDM indonesia tidak kalah dengan India ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge