07 Maret 2009

Perbedaan kinerja PC dan Laptop




Pada saat ini, trend penggunaan laptop sedang naik. Hal ini dikarenakan pada saat ini masyarakat membutuhkan gadget yang flexibel. Artinya gadget ini mudah digunakan dan praktis. Nah, laptop masuk dalam kriteria itu. Maka, penggunaan laptop menjadi naik dari beberapa tahun sebelumnya. Laptop merupakan istilah yang terdiri dari kata lap dan top. Lap adalah pangkuan, top adalah di atas, jadi artinya adalah di atas pangkuan.  Jadi laptop bisa digunakan dimanapun kita berada dan mudah dibawa - bawa. Hardware dari laptop kebanyakan merupakan hardware sodimm, hardware yang dikhususkan untuk laptop. Jadi hardware ini dirancang khusus untuk menjadi lebih kecil dari hardware biasa. Dan hardware ini masih cukup sulit ditemukan di pasaran.


Jadi bagi kita yang suka mengupgrade komputer, tidak disarankan untuk memiliki laptop, tetapi tidak mempunyai komputer, karena hobinya untuk mengupgrade komputer tidak bisa dilakukan pada laptop. Sedangkan bagi kita yang tidak terlalu menyukai upgrade, bisa mendahulukan laptop daripada komputer. Efek dari hardware sodimm adalah kinerja laptop jauh dibawah kinerja komputer PC. Hal ini dikarenakan pengembangan hardware sodimm belum optimal, sedangkan pengembangan hardware PC, sudah dimulai sejak dahulu. Jadi bagi kita yang lebih banyak di rumah, tidak bekerja secara mobilitas, lebih disarankan menggunakan PC. Sedangkan bagi orang yang bekerja dengan mobilitas, dan tidak membutuhkan kinerja yang tinggi, yang dalam arti hanya untuk mengirim email, mengetik dokumen, bisa disarankan membeli laptop.

Saya pernah membandingkan laptop teman saya dengan PC teman saya. Laptop teman saya tersebut termasuk laptop premium, sedangkan PC teman saya itu adalah PC dengan spesifikasi rendah. Hasilnya PC teman saya masih lebih tinggi peformanya daripada laptop teman saya. Jadi bagi para gamer, tidak disarankan membeli laptop. Jadi laptop tidak bisa dibandingkan dengan PC. Jadi bagi gamer, tidak disarankan untuk mendahulukan laptop daripada PC. Tetapi bagi pekerja yang hanya membutuhkan beberapa software yang tidak berat, bisa menggunakan laptop. Untuk mahasiswa, ada saran untuk memilih laptop atau PC. Bagi mahasiswa jurusan desain grafis, arsitek, atau jurusan lain yang membutuhkan software yang berat, lebih disarankan menggunakan PC. Sedangkan untuk mahasiswa yang ambil jurusan di hukum, ekonomi, dan jurusan yang tidak membutuhkan software yang berat atau bisa dikatakan software yang tidak bisa digunakan oleh orang awam, disarankan untuk membeli laptop, karena laptop bisa dibawa ke mana - mana, seperti untuk berinternet ria di area free wifi area untuk mencari bahan kuliah.

Dan bagi orang tua yang ingin memberikan anak - anaknya pendidikan teknologi, bisa memilih PC daripada memilih laptop. Dan bagaikan manusia, laptop merupakan bayi yang baru beberapa bulan lahir yang belum mempunyai pengalaman yang banyak,sedangkan PC adalah orang tua yang sudah mempunyai banyak pengalaman. Dan satu lagi, bagi yang ingin benar - benar memiliki laptop, ada 2 pilihan. Bagi yang hanya menggunakannya di rumah, disarankan membeli laptop yang berlayar besar, dan bagi yang suka berpergian membawa laptop, disarankan membeli laptop yang berlayar kecil. Dan bagi pembaca yang memenuhi kriteria membeli PC, anda memang lebih baik membeli PC. Karena dengan harga laptop dan PC yang sama, jauh lebih baik peforma PC. Ini adalah postingan pertama kami, beri saran bagi yang peduli dengan blog kami. Semoga bermanfaat.

sumber gambar: http://www.fix-your-computer-today.com/image-files/desktop_vs_laptop.jpg

4 komentar:

  1. yahhh.yahhh.yahhh....
    jd cpekk nnui bcnya...
    laenn kalii klo nuliss jgn bnyak"..
    bnundh n cpekk jdnyaa..
    n..
    gampangg ditangkapp pikirann,,
    oceee???

    semanggaatt kakakaakkk!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga bingung baca komenmu rin, wkwkwwk

      Hapus
  2. kereeennn...


    sy orangx tukang otak atik barang..

    jadi PC is the choice..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe sampai sekarang pun PC tetap menjadi pilihan untuk gamers

      Hapus

badge