23 April 2009

BSE ?


Hallo para pembaca, untuk pertama kali dalam 1 hari saya posting 2 kali. Yah, abiznya lagi pingin posting. Trus aku juga mau unas, jadi banyak - banyakin posting biar postingannya gak terlalu jauh jumlahnya dengan posting bulan lalu. Yang sekarang aku akan menjelaskan tentang BSE atau Buku Sekolah Elektronik yang sudah saya bahas dalam posting tentang ebook. Jadi saya ingin menjelaskan lebih lanjut tentang BSE.

Sekitar 1 tahun yang lalu, pemerintah membeli hak cipta dari beberapa buku pelajaran. Nah, setelah pemerintah membeli hak cipta buku - buku tersebut, pemerintah menguploadnya ke situs yang telah disediakan. Buku yang dimasukkan di situs tersebut berbentuk file adobe reader. jadi, buku tersebut dibuka di komputer. Nah, untung dari pembelian hak cipta itu kita bisa mendownloadnya secara gratis dan legal. Kita juga bisa mengeprintnnya, memfotocopy, atau mencetaknya tanpa harus membayar hak cipta. Karena pemerintah tidak memungut biaya sepeserpun untuk itu.

Pemerintah terus menambah jumlah buku yang dibeli hak ciptanya. Secara menurut logikaku, dana pendidikan di APBN kan sudah 20 %, jadi bukan hal yang sulit untuk membeli hak cipta buku - buku tersebut. Nah, untuk mendownloadnya kita harus terdaftar tersebut di situs ini. Di situs ini pula kita bisa mendownload buku - buku tersebut. Tetapi program ini juga menimbulkan polemik. Tidak semua siswa di Indonesia mempunyai komputer. Dan tidak semua daerah di Indonesia tersedia jaringan internet, jadi hal ini hanya menguntungkan beberapa pihak.

Beberapa percetakan sudah menerbitkan buku BSE ini dengan harga yang murah. Hal ini dikarenakan harga tersebut sudah ditentukan oleh pemerintah, jadi percetakan tidak bisa sekenaknya sendiri menentukan harga. Jadi ini menjadi solusi bagi para siswa yang tidak mempunyai komputer atau tidak ada internet di daerahnya. Sekian posting dari saya, tito.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge