30 April 2009

LJK


Hai hai hai, aku (tito) kembali lagi ke ranah pembloggeran. Yah, unas dan selesai, tinggal ujian sekolah, ujian praktek, liburan deh. huh, gak sabar buat libur. tapi aku juga masih takut akan nasib nilai unasku. abiznya, soalnya itu bukan soal yang jawabannya pasti semua. semua soalnya pake nalar. gimana gak bingung, cuma pelajaran matematika aja yang ngedukung. belum lagi takut jawaban kita gak masuk ke ljk. ngomong - ngomong ljk, sekarang saya akan membahas tentang ljk.


ljk adalah kependekan dari Lembar Jawaban Komputer. saat ini, hampir semua tes yang melibatkan jutaan orang seperti tes cpns, unas, umptn, dan lain - lain. hal ini dikarenakan kalau tes yang melibatkan jutaan itu di koreksi secara manual, bisa dibayangkan berapa tahun yang dibutuhkan untuk mengoreksi itu semua. dan kemajuan teknologi menjawab itu. keberadaan ljk memungkinkan koreksi secara tepat dan cepat. dan teknologi ini sudah diterapkan dari dulu. disamping kelebihan - kelebihannya itu, ljk juga menyimpan kekurangan. jika kita tidak tepat dalam mengarsir ljk tersebut, bisa - bisa jawaban kita tidak terbaca oleh komputer. dan hal itu bisa fatal jika ujian yang hadapi adalah ujian penentuan seperti unas atau umptn.

dan jika ljk yang kita gunakan mengalami kerusakan, kemungkinan besar ljk kita juga tidak bisa dibaca oleh komputer. jadi kita perlu waspada jika kita menghadapi ujian yang menggunakan ljk. syukur - syukur jika kertas ljk kita tidak dapat dibaca, pihak pengoreksi bersedia untuk mengoreksi secara manual. jika tetap dibiarkan ? bisa - bisa ljk malah membawa bencana. memang tidak ada gading yang tak retak, tetapi untuk meminimalisir kemungkinan terburuk, pihak berwenang juga harus memperhatikan itu, bener gak ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge