10 Mei 2009

open office terbaru


posting ke 5 hari ini, pecah rekor baru lagi nih,hehehe. kali ini yang akan aku bahas adalah tentang open office. bagi para pembaca yang sudah mengikuti artikel - artikel yang aku sajikan, pasti sudah tau apa itu open office. yah, bagi yang belum tahu, harap dibaca dulu artikel tentang software gratis. yaudah deh, langsung baca aja, artikel ini juga aku ambil dari vivanews.com

Komunitas OpenOffice.org baru saja merilis versi terbaru dari aplikasi perkantoran (office suite), OpenOffice 3.1.

Pada versi terbaru ini, OpenOffice menawarkan sejumlah improvisasi pada grafis dan menambah dukungannya pada lingkungan multi-user.

OpenOffice versi 3.1 bisa dikatakan aplikasi perkantoran terbaik di antara aplikasi open-source lain. Masih sama dengan versi sebelumnya, aplikasi ini juga dapat beroperasi di Windows, Solaris, Mac OS X, dan pastinya Linux.

Menurut OpenOffice.org, seperti dikutip oleh Vnunet, Jumat 8 Mei 2009, pengayaan fitur yang paling signifikan pada versi ini adalah sajian grafiknya secara menyeluruh. Ia menggunakan fitur anti-alias untuk menyuguhkan gambar yang lebih halus dan lebih tajam.

Di samping itu, pembaruan file-locking atau penguncian file untuk keamanan juga menjadi perhatian pada versi ini. Fitur ini dapat mengunci file dan mencegah orang lain untuk mengubah-ubah isi dokumen Anda meskipun tersimpan di tempat bersama (shared location) dalam sebuah jaringan.

Bila melongok ke masing-masing aplikasi di dalamnya, tool Writer kini telah mendukung notifikasi comment, sehingga saat melakukan penyuntingan tulisan, ppengguna bisa menandai adanya perubahan-perubahan.

Selain itu aplikasi spreadsheet Calc juga mengalami peningkatan dalam hal kinerja dan kemampuan menyeleksi. Sementara pengguna tool Chart kini juga tidak lagi berurusan dengan data poin yang hilang dalam grafik.

Adapun tool Base database, menurut OpenOffice.org, kini memungkinkan sebuah aplikasi database yang komplit melalui penggunaan macro dan script-script lainnya. Peningkatan lainnya adalah penggunaan warna untuk menyorot syntax SQL saat menyunting query-query.

Seluruhnya dikemas dalam sebuah suite yang mendukung lebih dari 90 bahasa dunia, termasuk peningkatan penanganan script-script bidirectional.
Seperti biasa, aplikasi ini bisa didapat secara gratis dan versi terbarunya dapat diunduh di halaman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge