14 Mei 2009

tips download dari internet


hai hai hai para pembaca sekalian, tito kembali lagi nih mau posting. untuk pertama kali aku posting tengah malam. abisnya gak bisa tidur, akhirnya posting deh. kali ini aku akan memberikan tips kepada para pembaca sekalian yang sering mendownload di internet. secara jaman serba canggih gitu loh, jadi semua ada di internet. nah, kita harus hati - hati tuh kalau kita mendownload di internet. artikel ini aku ambil dari okezone.com. yawda deh, baca aja artikelnya.

Ketika mendownload, tentu kita dalam kondisi terkoneksi dengan internet. Berarti terbuka kemungkinan untuk menerima berbagai problem yang muncul di internet. Baik terinfeksi virus atau spam, sampai masalah penggunaan hak cipta di internet.

Menurut Wikipedia, dari seluruh virus yang beredar di duniaa, sebagian besar ditujukan untuk menyerang sistem operasi berbasis Windows, bahkan GNU/Linux.

Hampir 95 persen virus adalah virus komputer bebasis Windows, sisanya, dua persen menyerang linux dengan versi kernel di bawah 1.4 (dan Unix, sebagai source dari Linux, tentunya). Satu persen menyerang Mac OS 9, Mac OS X (tiger, leopard). Sedangkan dua persen sisanya menyerang sistem operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM dan Sun operating system.

Berikut ini beberapa tips cara aman dalam melakukan download di internet.

1. Untuk mencegah masalah penggunaan hak cipta di dunia maya, ada baiknya jika anda menggunakan program-program open cource (freeware) yang tersebar cukup banyak di internet. Istilahnya, jika ada yang gratis untuk apa kita harus melanggar hak cipta karya orang lain. Jadi, gunakanlah program-program yang memang sengaja didistribusikan gratis oleh pembuatnya.

2. Namun apabila anda memang membutuhkan sebuah program yang bersifat shareware, usahakanlah untuk dapat membeli lisensinya secara legal.

3. Untuk mencegah hadirnya virus, spyware, malware dan sebagainya, disarankan agar anda lebih berhati-hati dalam memilih extension file yang akan didownload, khususnya extension file.exe.

Biasanya pada windows, extension file dari virus adalah exe seperti layaknya program biasa. Karena virus itu sifatnya ex-ecutable (.exe). Tujuannya tentu saja untuk menjalankan virus yang ditanam di dalam file .exe tanpa sepengetahuan penggunanya.

4. Jika anda mendapatkan file yang berasal dari situs resmi maka resiko tertularnya komputer cukup kecil.

5. Jika anda mendapat file tersebut bukan dari situs resmi maka disarankan agar anda memilih file dengan extension kompresi seperti ZIP atau RAR. File-file tersebut adalah file yang telah dikompresi agar keamanan file lebih terjaga. Selain itu ukuran file yang kecil tentu akan membuat proses download menjadi lebih cepat.

6. Cara yang paling ampuh untuk mencegah virus masuk ke komputer anda saat mendownload adalah dengan menginstal program antivirus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge