17 Oktober 2012

Pengamanan Jaringan dan Komputer


Anda suka melakukan hal apapun melalui internet? kalau iya, anda harap berhati – hati. Karena tidak hanya di dunia nyata saja ada kejahatan, di dunia maya pun kejahatan merajalela. Bahkan kejahatan di dunia maya kadang lebih kejam daripada kejahatan di dunia nyata. Dalam istilah internasional, kejahatan dalam dunia maya ini sering disebut cybercrime. Ada bermacam – macam jenis cybercrime beserta penjelasannya yang dapat dilihat di bawah nanti. Sebelum kita tahu jenis – jenis cybercrime, akan lebih baik jika kita mengetahui pengertian dari cybercrime itu sendiri. Cybercrime adalah tindak kriminal yang menggunakan teknologi komputer dan internet sebagai media utama. Jenis – jenis algoritma yang marak terjadi antara lain : akses ilegal, berbagi konten ilegal, memalsukan data dokumen penting, memata – mata pihak lain, merusak dan menghancurkan data, pembajakan hak kekayaan intelektual, pelanggaran privasi, dan penyalahgunaan credit card orang lain.

Biasanya orang yang melakukan cybercrime itu mempunyai berbagai macam tujuan maupun alasan sehingga mereka melakukan hal itu. Beberapa alasan dari mereka antara lain untuk menyerang individu atau kelompok, untuk menyerang hak cipta atau hak milik, dan untuk menyerang pemerintah. Jika orang yang melakukan cybercrime berorientasi kepada bisnis, biasanya yang diserang adalah bank, atau tempat – tempat dimana perekonomian berada. Jika penyerang mempunyai motif tidak suka terhadap sesuatu atau hanya ingin mencari sensasi, biasanya yang diserang adalah pemerintah. Karena media pasti langsung meliput apa – apa yang berhubungan dengan pemerintah.

Cara untuk menangani cybercrime ada berbagai macam, contohnya saja kita dapat menerapkan UU ITE secara tegas dan penuh kesadaran diri, tidak malu untuk meminta bantuan dan kerja sama dengan pihak lain dan luar negeri, membuat sistem pengamanan komputer pribadi, dan yang pasti selalu waspada dan teliti. Semua solusi itu tidak akan bermanfaat jika kita tidak melaksanakannya dengan baik. Karena dalam dunia teknologi, perkembangan kejahatan dunia maya ini cepat berkembang karena dunia teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu, tidak mungkin stagnan pada saat tertentu, jadi kita harus menyikapinya dengan bijak.

Setelah membahas tentang cybercrime secara umum, mari kita membahas tentang malware. Malware adalah program berbahaya yang dapat merusak sistem komputer, menghambat akses internet dan mencuri data. Malware mempunyai banyak macam jenis, mulai dari virus, trojan, rootkit, worm, keylogger, spyware, adware dan phising. Lalu bagaimana cara agar kita terhindar dari malware? beberapa caranya adalah tidak mengakses situs berbahaya, menggunakan firewall, mengupdate antivirus dan sistem komputer, dan lain sebagainya. Kebanyakan dari kita sering menonaktifkan firewall karena dirasa firewall mengganggu kenyamanan kita ketika melakukan berbagai hal dengan komputer kita. Padahal ibarat keluarga, firewall adalah seorang bapak yang mengawasi anaknya ketika melakukan sesuatu, jangan sampai anak itu terjerumus ke dalam hal yang negatif, begitu pula firewall, dia tidak ingin kita terjerumus ke dalam hal yang negatif semisal terkena virus dan sebagainya.

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari artikel di atas adalah jangan sampai pengaman – pengaman pada komputer kita, yang kita anggap pengganggu itu, kita singkirkan. Awalnya memang kita merasa bebas untuk melakukan apapun, tapi jika kita telah terkena malware atau cybercrime, baru kita akan menyesal. Ada pepatah yang mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati”, sama seperti komputer, lebih baik kita mencegah komputer dari serangan virus daripada kita mengobati komputer tersebut karena pasti akan merepotkan.

Sumber gambar: http://www.howtoee.com/wp-content/uploads/2012/09/Shamoon-malware.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge