19 November 2012

Yogyakarta Episode 2: Sejarah Benteng Vradeburg, Taman Pintar sampai Sego Kucing

Hari kedua jalan - jalan kita di Jogja kita lewati dengan mengunjungi tempat - tempat yang tidak terlalu jauh dari Malioboro. Dan enaknya dari Yogyakarta adalah wisata - wisatanya terpusat di sekitar Malioboro, jarang yang ada di tempat yang jauh. Diawali dengan perjalanan menuju Tugu Jogja yang terkenal itu. Letak tugu yang ada di tengah jalan mengharuskan kami memutar otak bagaimana bisa foto dengan spot yang bagus. Akhirnya kami putuskan untuk menyeberang ke Tugu, biarpun rame kendaraan yang penting bisa foto,hehehe.

Setelah puas berfoto, kami langsung mencari tempat sarapan. Ditemukanlah warung gudeg yang bisa dihampiri. Setelah mengisi tenaga, kami melanjutkan jalan kaki ke daerah kilometer nol Yogyakarta. Disana kami mengunjungi berbagai tempat, antara lain gedung negara, benteng Vradeburg, dan taman pintar. Saat selesai dari taman pintar kami melanjutkan perjalanan ke gedung kesenian di dekat situ. Ada cerita menarik disana. Ternyata disana ada pameran lukisan yang diselenggarakan oleh alumni ISI. Saat berangkat ke Jogja,salah satu teman saya selalu membahas ISI, karena di ingin kuliah disana, dan sekarang dia bertemu dengan alumninya. Salah satu alumninya berasal dari Malang, jadi kami ngobrol panjang lebar tentang apapun. Kamipun jadi tahu tempat - tempat mana yang harus dikunjungi. Sayangnya teman saya tersebut tidak jadi kuliah di ISI.

Sebetulnya setelah dari pameran lukisan kami ingin langung ke kraton, tapi karena kondisi hujan dan waktu udah petang, kami memutuskan untuk besok saja kesana. Sehingga kegiatan kami selanjutnya adalah menikmati suasana sore di kilometer nol dan mencari oleh - oleh bakpia langsung dari pabriknya di gang pathuk. Kami sempat bingung dimana letak gangnya, namun setelah bertanya sana sini, akhinya kami pun menemukannya. Setelah itu kami beristirahat di hotel dan mandi, malamnya kami cangkruk di warung sego kucing di dekat stasiun tugu, sambil meminum kopi joss.