07 November 2012

Perangkat Keras dan Organisasi Komputer

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang perangkat keras dan organisasi komputer. Lebih khususnya, kami akan membahas tentang jenis dan contoh hardware beserta cara kerjanya. Pada posting sebelumnya, saya sudah membahas tentang software, dan sekarang waktunya membahas tentang hardware. Pengertian dari hardware adalah perangkat keras komputer. Lebih mudahnya, hardware adalah bagian dari komponen dari komputer yang terlihat oleh mata kita. Hardware sangat penting posisinya di dalam komputer, karena tidak mungkin software bisa jalan tanpa adanya hardware. Hardware terdiri dari berbagai jenis. Selebihnya akan kita bahas di tulisan selanjutnya.

Pertama hal yang akan dibahas adalah jenis - jenis hardware. Hardware terdiri dari 5 macam, yaitu input device, output device, process device, storage dan periferal. Input adalah  perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer. Contoh - contoh dari input device adalah keyboard, mouse, scanner, microphone, light-pen, dan beberapa lagi yang lain. Tanpa input, kita tidak bisa memasukkan apapun ke dalam komputer, sehingga kita tidak bisa menggunakannya. Yang kedua adalah process device. Process device adalah hardware yang berguna untuk mengolah data yang telah kita masukkan ke dalam komputer, ini adalah otak dari komputer. Contoh dari process hardware adalah processor. Saat ini 2 merek terkenal dalam hal processor adalah Intel dan AMD. Istilahnya processor adalah hidup matinya komputer. 

Selanjutnya adalah storage device, perangkat keras jenis ini berguna untuk menyimpan data yang telah di input atau yang telah di proses oleh komputer. Tanpa ini, komputer tidak bisa berfungsi karena mau diletakkan dimana data - data yang kita punya. Contoh dari storage device adalah harddisk dan RAM. Selanjutnya adalah output device yang berguna untuk menghasilkan atau menampilkan data yang telah diiput dan diproses. Contohnya saja adalah monitor dan printer. Monitor berfungsi untuk menampilkan apa yang telah kita lakukan di komputer, sedangkan printer gunanya seperti monitor, namun dalam bentuk tercetak/hardcopy. Yang terakhir adalah periferal. Periferal itu adalah hardware yang merupakan tambahan untuk komputer. Periferal tidak bisa dimasukkan di dalam 4 device yang lain, karena dia tidak ikut proses dalam pengolahan data. 

Contoh dari periferal adalah kipas pendingin laptop, cover laptop,dan beberapa yang lain. Jika 4 device yang lain tidak bisa ditinggalkan, maka jika periferal masih bisa ditinggalkan. Namun lebih baik ada agar komputer kita bisa berfungsi dengan baik. Selanjutnya adalah dibahas tentang cara kerja hardware di dalam komputer. Cara kerja ini bisa dibilang sebagai organisasi komputer. berikut adalah gambarannya. Sehingga urutannya adalah Input, lalu diproses oleh processor dan dibantu oleh memori, lalu keluarannya adalah output. Peripheral bukan masuk dalam ini, melaikan dibahas dalam hal lain.

3 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke sama sama :D
      terima kasih sudah membaca dan salam kenal yaa

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

badge