03 November 2012

Perangkat Lunak Komputer

Kali ini saya akan membahas tentang perangkat lunak komputer. Seperti kita ketahui bahwa perangkat komputer terdiri atas software dan hardware. Kali ini pembahasan akan dikhususkan pada software di komputer. Pembahasan akan meliputi karakteristik TIK, lisensi software dan source code, dan pembagian software (Sistem operasi, utility, bahasa pemrograman, aplikasi). Hal pertama yang dibahas adalah karakteristik TIK. Sebelum TIK berkembang, seluruh pekerjaan manusia dikerjakan secara manual, menggunakan tenaga manusia. Sehingga untuk melakukan pekerjaan yang rumit, dibutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya. Contoh sederhana saja ketika kita ingin berkomunikasi dengan orang lain yang tempatnya jauh, kita harus menunggu berhari - hari agar surat kita sampai di tempat tujuan. Belum lagi ketika kita menunggu balasan. 

Namun sekarang? tidak ada hitungan menit pesan kita sudah bisa sampai di orang yang kita tuju menggunakan internet maupun handphone. Itu salah satu keuntungan dari TIK. Ada hitam ada putih, ada keuntungan pasti juga ada kekurangannya. Salah satu kekurangan dari TIK adalah lebih mengarahkan manusia ke arah individualis. Lihat saja ketika kita di tempat umum, pasti benda yang kita pegang ketika tidak ada kerjaan adalah handphone. Kita tidak berinteraksi dengan orang yang ada persis di sebelah kita. Berbeda dengan sebelum TIK muncul, interaksi antar orang sangat kuat, sehingga sosialisasi kita dengan orang lain sangat baik.

Hal selanjutnya yang akan dibahas adalah tentang Lisensi software dan source code. Ada beberapa jenis lisensi yang ada, diantaranya lisensi : komersial, trial, non komersial, shareware, freeware, dan royalty free binaries. Maksud dari masing - masing lisensi itu bisa dilihat dari arti masing - masing lisensi. Seperti shareware itu berarti software tersebut bisa di download gratis dari internet, namun ada batasan waktu, jika pengguna tetap ingin menggunakannya diharuskan untuk membayar. Lalu non komersial itu berarti software itu tidak diperjual belikan, biasanya yang menggunakan adalah lembaga - lembaga yang mempunyai tingkat rahasia tinggi. Lalu untuk source code, sama seperti freeware, bedanya jika source code, kodingan dari software itu juga dipublikasikan, sehingga orang lain bisa memodifikasi software tersebut dengan syarat tetap membawa nama software tersebut, namanya tidak boleh diganti.

Hal terakhir yang dibahas adalah pembagian software. Yang sudah umum ada di masyarakat adalah sistem operasi dan aplikasi. Karena itu adalah software yang sudah jadi, sehingga kita hanya tinggal menggunakannya. Jadi aplikasi muncul ketika sistem operasi muncul. Sistem operasi adalah dasar untuk menjalankan hardware. Dan aplikasi adalah pelengkap dari sistem operasi. Lalu ada utility software. Sebenarnya utility software ini sama dengan aplikasi, perbedaannya ada pada kegunaan, utility software lebih khusus untuk membantu mengelola dan memelihara sistem ooperasi, sedangkan aplikasi lebih luas kegunaannya. Semua jenis software di atas itu disusun dari bahasa pemrograman. Jadi tampilan yang kita lihat sehari -hari ini muncul dari begitu panjang kode - kode yang disusun oleh programmer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge