03 November 2012

Sistem Operasi


Dalam artikel kali ini, materi yang akan dibahas adalah tentang Sistem Operasi. Materi ini sempat disinggung sedikit dalam artikel sebelumnya. Pertama  kali cikal bakal sistem operasi muncul melalui DOS yang sekarang sudah berkembang menjadi sistem operasi windows. Tanpa sistem operasi, perangkat keras yang kita miliki tidak bisa berjalan. Dalam artikel ini, akan dibahas hal - hal tentang tugas - tugas sistem operasi, versioning dan sejarah untuk mobile OS dan desktop OS. Secara resmi, pengertian dari sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.

Hal pertama yang dibahas adalah tugas - tugas sistem operasi. Secara singkat dan inti, sistem operasi bertugas untuk mengelola dan memanajemen memori yang ada dalam perangkat keras. Sistem operasi dibuat untuk mengendalikan kerja komputer secara mendasar, yaitu melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Oparasi adalah dasar dari sebuah komputer. Sistem operasi yang menghubungkan antara hardware dengan brainware. Aplikasi yang kita jalankan pun bergantung dengan sistem operasi yang kita gunakan. Tidak semua aplikasi kompatibel dengan semua sistem operasi. Sebagai contoh apple, apple yang mempunyai sistem operasi tersendiri ini tidak bisa kita install sembarang aplikasi karena sistem operasi dari apple telah di built in dengan laptopnya, tidak bebas diperjual belikan seperti windows.

Dalam dunia komputer, di kelas beberapa sistem operasi yang terkenal, diantaranya : windows, linux, mac. Dan akhir - akhir ini, mulai terkenal sistem operasi mobile karena gadget yang semakin beragam. ada windows phone, android, symbian, iOS, dan blackberry OS. Masing - masing OS tersebut mempunyai versi masing -masing. Sebagai contoh diambil dari sistem operasi sejuta umat, windows. Awal kemunculan windows dimulai dari windows 1 yang muncul tahun 1985 yang tidak menuai kesuksesan yang berarti. Lalu muncul beberapa versi sebelum windows 95. Setelah windows 95, dilanjutkan dengan 98, 2000, XP, Vista, 7, dan yang terbaru windows 8. Lalu untuk sistem operasi mobile yang terkenal adalah android. Dimulai dari android 1.1 tahun 2009 sampai yang terbaru adalah android 4.1 yang biasa disebut android jelly bean. Sebagaimana windows dan android, sistem operasi lain, baik desktop maupun mobile juga mempunyai perjalanan sendiri - sendiri mengenai perkembangan versinya.

Dalam sejarah sistem operasi, akan dibahas beberapa saja karena keterbatasan waktu dan tempat. Akan dibahas secara garis besarnya saja. Dalam beberapa sumber, pembagian perkembangan sistem operasi dibagi menjadi 5 generasi, dan yang pasti dimulai dari sistem operasi desktop. Generasi pertama adalah awal munculnya sistem komputasi elektronik sebagai pengganti mekanik karena kemampuan manusia yang terbatas dalam melakukan penghitungan. Namun dalam hal ini belum bisa dibilang sistem operasi. Pada generasi 2 baru bisa dikatakan sistem operasi karena baru ada fungsi sistem operasi di dalamnya. Dalam generasi ketiga perkembangannya adalah sistem operasi bisa digunakan untuk beberapa pengguna dan bisa melayani program sekaligus. generasi ini berkembang tahun 1965 sampai 1980. Pada generasi keempat, perkembangan signifikan adalah tampilan pada layar dalam bentuk grafis, bukan lagi kumpulan perintah - perintah yang monoton. Generasi ini berkembang pada tahun 1980an ke atas. Dan generasi terbaru adalah yang sedang terjadi saat ini, dimana tampilan sistem operasi sudah bisa memenuhi semua keinginan penggunanya. Untuk sejarah sistem operasi mobile sendiri mulai berkembang tahun 1993 ketika ponsel IBM Simon pertama kali dirilis. Lalu pada tahun 2002 blackberry merilis ponsel pintar pertamanya. Lalu 2007 ada ponsel Iphone pertama kali dirilis ke publik. 2008 adalah tahun dimana OS mobile paling fenomenal saat ini, android, dirilis ke pasaran melalui ponsel HTC Dream. Lalu pada tahun 2010 sistem operasi windows phone dirilis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge