14 Desember 2012

Jaringan Nirkabel

Dalam posting kali ini, akan dibahas tentang jaringan nirkabel. Secara garis besar, jaringan nirkabel ini akan dibahas menjadi 2 bagian besar, yaitu jenis jaringan nirkabel serta alat dan cara kerjanya. Jaringan yang pertama kali ditemukan adalah jaringan berkabel. Jaringan nirkabel ditemukan setelah jaringan berkabel sudah lama ada. Banyak keunggulan yang dibawa oleh jaringan nirkabel ini. Yang paling mencolok dari keunggulannya adalah bisa menjangkau jarak yang jauh. Sedangkan jika jaringan berkabel harus membutuhkan kabel yang sangat panjang untuk bisa sampai di tempat yang sangat jauh. Ada keunggulan pasti ada juga kelemahan. Kelemahan dari jaringan nirkabel adalah tergantung dengan cuaca dan kondisi sekitar. Sebagai contoh handphone. Jika telepon rumah jarang mengalami gangguan karena menggunakan kabel. Sedangkan HP sering mengalami gangguan karena sinyal yang dikirim sangat tergantung dari kondisi di sekitar.

Hal pertama yang akan dibahas adalah jenis - jenis jaringan nirkabel. Sama seperti jaringan berkabel, jaringan nirkabel juga memiliki cakupan jangkauan luas area yang dicover.  Ada jaringan wireless LAN, wireless PAN, wireless WAN, dan wireless MAN. Cakupan masing - masing dari jenis jaringan nirkabel tersebut sama dengan jaringan berkabel, tidak ada bedanya. Lalu untuk jenis berdasarkan teknologi akses, jaringan nirkabel dibedakan menjadi GSM, CDMA, Wifi, satelit, bluetooth, inframerah dan ada beberapa yang lain. Biasanya jaringan GSM dan CDMA digunakan untuk HP. Lalu bluetooth dan inframerah untuk mengirim data. Masing - masing dari jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. Tidak selamanya bluetooth lebih baik dari inframerah. Sebagai contoh, jika digunakan untuk remote TV, tidak mungkin menggunakan bluetooth. Karena jika menggunakan bluetooth, maka TV di rumah tetangga juga akan terkena jaringan kita.

Hal kedua yang dibahas adalah tentang alat dan cara kerjanya. Alat - alat yang digunakan hampir sama dengan jaringan berkabel. Bedanya hanya di colokan untuk kabel saja. Jika jaringan berkabel pasti dialatnya ada banyak colokan - colokan, namun di jaringan nirkabel hanya ada 1 colokan. Dan di alat jaringan nirkabel ada tiang yang berfungsi memancarkan sinyal. Cara kerja dari jaringan nirkabel tidak jauh berbeda dengan jaringan berkabel. Perbedaan hanya ada di media yang digunakan. Jika jaringan berkabel menggunakan kabel sebagai media penghantarnya, maka jaringan nirkabel menggunakan gelombang untuk menghantarkan. Karena menggunakan gelombang, maka jaringan nirkabel lebih berbahaya dibandingkan jaringan berkabel karena bisa mengganggu kondisi tubuh manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge