27 Januari 2013

Bandung Episode 1: Indahnya Kawah Putih, Ciwalk sampai Nikmatnya Batagor Kingsley


Setelah keliling Surabaya dan Batu selama seminggu lebih, Bandung target berikutnya ! Karena anak ITB sudah masuk kuliah, jadi ada tumpangan gratis buat tidur,hehehe. Berangkat dari Surabaya ke Jakarta, lalu dilanjutkan ke Bandung. Sampai Bandung jam 11 malam dan dijemput teman saya, untung saja pool travelnya deket sama ITB. Keliling Bandung akan dilakukan keesokan harinya.

Tujuan pertama adalah Kawah Putih ! Perjalanan kesini dilalui dengan berbagai rintangan karena sempat nyasar,hahaha. Dimulai dari naik bus di deket ITB menuju terminal leuwih panjang, kita mengawali perjalanan ini. Sesampainya disana, kita bertanya ke bapak - bapak petugas terminal. "Pak, kalau mau ke terminal cibereum naik yg mana ya ?", bapaknya menjawab "naik yang jurusan cimahi dek". Oke, akhirnya kita naik yang menuju cimahi.

Setelah masuk daerah Cimahi, pak supirnya bertanya, "turun mana dek ?", aku jawab kalau turun di terminal Cibereum.
"ini udah jalan Cibereum dek, emang mau kemana ?"
"mau ke kawah putih pak"
"lhoo, mau ke kawah putih kok lewat cimahi, seharusnya tadi naik yang ke arah ciwidey"
"lho, kata di internet ke cibereum dulu pak"
"ini mah cimahi dek, adeknya naik ke soreang dulu aja, baru lanjut ke ciwidey"
"oke pak, terima kasih"

akhirnya kita naik yang warna ijo sesuai petunjuk bapak angkot. Di tengah perjalanan, aku tanya ke pak supir.
"Soreang ya pak"
"lho, ini bukan ke soreang dek, itu tuh angkot belakang yang ke soreang"
"-___-' "
Ternyata kita SALAH ANGKOT. Angkotnya sama - sama ijo tapi yang ke soreang ada strip warna yang berbeda, MANA TAHU. Akhirnya kita naik yang ke Soreang. Perjalanannya lama banget, lewat pedesaan gitu. Akhirnya sampai dan kita lanjut naik yang ke ciwidey. Angkotnya ngetime lama banget, setengah jam mungkin.

Sesampainya di ciwidey, kita naik angkot menuju patenggan, dan angkotnya juga lama banget buat berangkat, HUH. Sembari menunggu berangkat, aku melihat sekitar, apa sih yang bisa dinamakan cibereum itu. Ternyata nama cibereum itu nama pasar di samping terminal. Jadi yang membuat salah adalah nama pasarnya tidak terkenal, yang terkenal ya terminal ciwidey, bukan terminal cibereum.






Perjalanan ke kawah putih pun dimulai, angkot yang awalnya ramai pun berganti hanya kita berdua. Ohya, angkot yang kita naiki antik banget, gak ada dashbornya, sampai - sampai putaran setir yang dibawah aja kelihatan, kabel kabel mobil pun juga kelihatan. Pak sopirnya kok tahu ya kalau bensinnya habis. Kembali ke topik, lalu pak supir pun menawari kita buat nyarter angkotnya, karena kalau sepi nunggu angkutan buat ke kawahnya lama banget, karena kita sudah capek naik angkot BERKALI KALI hari ini, akhirnya kita setuju saja. Sampai di atas hujan menyambut kita. Sedikit kecewa sih, tapi bagaimana lagi, emang lagi musim hujan. Selain hujan, anginnya pun kenceng banget, sampai payung para pengunjung pada rusak semua. Sesekali hujan reda, saat - saat ini kita manfaatkan buat berfoto ria, coba gak hujan, pemandangannya bakal lebih bagus.



Setelah puas berfoto, kita kembali ke terminal ciwidey dengan diselingi membeli strawberry asli sini yang murah dan enak. Perjalanan terasa lama karena kita kedinginan selama di kendaraan umum. Saat tiba di bandung, kita lanjut ke batagor paling terkenal disini, yaitu batagor Kingsley, enak sih, tapi harganya minta ampun. Setelah dari batagor, kita lanjut ke ciwalk bandung. Disini kita sempet membeli beberapa barang,hehehe.




Saat perjalanan pulang, kita memutuskan untuk berjalan kaki. Kita pun jadi tahu bahwa ciwalk dan ITB itu deket banget. Setelah mengantarkan Linda ke kosan temennya, saya pun berjalan kaki ke kosan temen saya, sekitar 3 km lah dari temen linda. Saat sampai di daerah kebun binatang samping ITB, suasananya sepi banget, cuma aku aja yang jalan kaki, agak gelap juga, untung masih ada kendaraan bermotor yang lalu lalang, saya pun berjalan agak cepat. Setelah sampai di Niko, saya baru tahu bahwa disitu daerah yang rawan kejahatan, hmm, untung saja tidak terjadi apa - apa tadi, sudah jam 22.00 saat itu. Saya tidak berencana mandi sebenarnya, tetapi saat saya cuci kaki saya baru sadar bahwa badan saya bau belerang BANGET, gara - gara hujan angin di kawah putih tadi membawa air belerang melumuri badan saya. Saya pun mandi gara - gara itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge