07 Januari 2013

Sally's salon : Narasi

Suka main game ? Tidak asing kan dengan games yang satu ini, Sally Salon. Sally salon adalah sebuah game house yang mengandalkan kecepatan dan ketepatan kita dalam melayani pelanggan. Ada 10 tempat yang harus kita lalui untuk menamatkan games ini. Masing - masing tempat mempunyai 5 level. Yang membedakan antar tempat adalah tingkat kesulitan dan jenis - jenis pelanggannya. Sedangkan yang membedakan antar level adalah jumlah uang yang harus didapatkan. Uang yang diberikan kepada kasir tergantung dari jumlah hati yang ada dan tipe pelanggan. Jika pelanggan menunggu lama, hati akan berkurang. Tapi ada cara agar hati bisa bertambah atau bisa bertahan dan tidak berkurang dan akan dijelaskan di belakang.


Diskripsi awal :


Panduan dasar bermain Sally salon

Macam - Macam layanan yang diminta

Macam - macam kursi dan pelayanan
 
Masing - masing pelanggan mempunyai berbagai macam permintaan di salon. Ada yang meminta sedikit pelayanan, ada yang meminta banyak pelayanan. Sedangkan kursi dan petugas yang tersedia sangat terbatas. Sehingga kita harus mempunyai cara - cara tersendiri agar bisa mencapai target atau bahkan mencapai expert level. Kita akan mendapatkan expert level jika kita mendapatkan jumlah uang tertentu. Jumlah uang itu akan muncul jika kita telah melewati target uang yang harus didapatkan.




Expert level : pendapatan tertentu yang pastinya di atas target level

Kursi dan layanannya (level akhir) :

1. Kursi biru = Ada 2 buah. Untuk keramas saja dan ada asisten salon, sehingga sally tidak mengerjakannya sendiri.
2. Kursi kuning = ada 4 buah dan 3 layanan. Ganti warna rambut, potong rambut, ganti model rambut. Ini dilayani oleh Sally sendiri, dan kita harus memilih pilihan tersenyum agar hati bertambah satu. Kursi kuning sangat merepotkan di level - level akhir karena banyak pelanggan yang ingin layanan kursi kuning ini.
3. Kursi orange = Ada 2 buah dan untuk blow rambut. Ada asisten Sally disini, sehingga tidak perlu melakukannya sendiri.
4. Kursi hijau = Ada 2 buah dan 2 layanan. Ganti warna kulit dan ganti model alis. Ini dilakukan oleh Sally sendiri, sehingga bisa memilih mana model yang membuat model tersenyum untuk mendapatkan tambahan hati.
5. Kursi ungu = Ada 2 buah dan 1 layanan untuk ganti warna dan model kuku tangan. Ini dilakukan oleh Sally sendiri sehingga bisa memilih model untuk menambah hati.

Tipe Pelanggan :
 
Ada 12 tipe pelanggan dengan karakteristik masing - masing. Masing - masing pelanggan mempunyai 5 hati yang dapat berkurang dan bertambah.



1. Great tips      = uang tambahan yang diberikan kepada kita lebih banyak daripada yang okay dan bad tips
2. okay tips       = Uang tambahan yang diberikan kepada kita lebih banyak dari yang lainnya
3. bad tips          = uang tambahan yang diberikan kepada kita lebih sedikit dari yang lainnya
4. very patient   = sangat sabar dalam menunggu
5. patient           = sabar dalam menunggu
6. impatient       = tidak sabar dalam menunggu

Prioritas pelanggan :

Jadi dalam bermain dan pelanggan sangat banyak, kita harus mendahulukan business lady, bride, dan business man karena dia sangat tidak sabar namun memberikan uang tambahan yang sangat besar. Orang selanjutnya yang diprioritaskan adalah school girl karena dia tidak sabaran namun dia memberikan uang tambahan yang besar. Selanjutnya yang harus diprioritaskan adalah woman, man, male student, dan prom queen karena mereka memberikan uang tambahan yang besar dan masih sabar dalam menunggu. Prioritas selanjutnya adalah goth dan punk karena mereka tidak sabaran dan memberikan uang tambahan yang kecil. Prioritas terakhir adalah grandpa dan grandma karena mereka sangat sabar dan memberikan uang tambahan yang kecil.

Komponen salon :

level 1 tempat 1 (dengan kursi sudah di upgrade, membeli majalah, mesin kopi, dan asisten salon)


level 2 tempat 10 (semua barang sudah dibeli dan diupgrade)

Dalam permainan, kita akan mendapatkan uang yang cukup banyak untuk melakukan pembelian. Di tempat - tempat awal kita hanya mendapatkan beberapa item saja, sehingga untuk meningkatkan pelayanan kita harus melakukan pembelian item dan upgrade item yang sudah ada. Selain itu, kita juga membeli orang untuk membantu pekerjaan kita.

Agar hati bertambah :

Cara agar menambah hati


Pembelian yang dilakukan sepanjang permainan sampai tamat

 Cara pertama agar hati bertambah ataut tidak berkurang adalah dengan melakukan pembelian. Jika sudah di tempat terakhir, macam - macam barang, upgrade dan fungsinya adalah :
1. Mesin pembuat kopi isi 4 = Kopi yang tersedia berguna untuk menambah 1 hati dari pelanggan yang hatinya sudah berkurang
2. Kemampuan sally (baju trendy) = Kita juga bisa upgrade kemampuan Sally agar bisa dengan cepat melayani pelanggan
3. Lilin aromatherapy = Lilin ada 2 macam, yang berwarna biru berguna agar hati para pelanggan tidak berkurang dan uang tambahan bertambah
4. Majalah = ada 4 majalah yang bisa digunakan yang berguna agar hati pelanggan yang menunggu tidak berkurang dengan cepat
5. Beli kursi dan upgrade kursi = Berguna untuk meningkatkan pelayanan. Jika sudah diupgrade, uang tambahan dari pelanggan pun akan bertambah.
6. Asisten = Kita juga bisa membeli asisten salon untuk Sally. Asisten ini bertugas untuk membuat kopi, kursi biru (keramas), dan kursi orange (blow).

Lalu ada cara lain agar hati pelanggan bertambah. Saat meminta potong rambut, mengganti warna rambut, mengganti model rambut,  alis, ganti warna kulit, ganti warna dan motif kuku tangan, kita harus memilih yang pelanggannya menampakkan wajah tersenyum, agar hatinya bertambah satu. Di posting selanjutnya akan dibahas tentang algoritma di level akhir dari permainan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge