14 Februari 2013

Pertemuan 2 PSI

      Oke, pertemuan hari ini diawali dengan membahas esai yang menarik dari teman - teman di kelas PSI D. Esai pertama diawali dengan kisah bagaimana si penulis bisa kuliah di jurusan SI, bagaimana perasaannya, kejujurannya bahwa dia tidak tahu apa itu SI dan diakhiri dengan cita - cita dia setelah dia tahu tentang perkuliahan di SI. Dari gaya penulisan saya dan teman teman sudah tahu bahwa yang menulis esai ini adalah seorang wanita. Gaya penulisan yang penuh perasaan dan kebimbangan memastikan bahwa dia seorang wanita. 4 paragraf esai dia memberikan saya gambaran lain bagaimana seseorang yang sedang menjalani kuliah di sistem informasi ini. Kita sama - sama tidak tahu apa itu SI sebenarnya, kita juga sama - sama susah dalam hal pemrograman dan lebih tertarik ke arah bisnisnya, tapi mau tidak mau kita harus bisa, karena SI tidak lepas dari pemrograman.
      Bu vivin tertarik akan esai ini karena teman saya yang menulis esai ini bisa menulis dengan sangat apik. Dia menulis dengan melibatkan emosi sehingga jika kita membacanya kita bisa merasa berada di dalam situasi tersebut. Di akhir esai, dia menuliskan bahwa dia bercita - cita sebagai dosen, tapi ada yang mengganjal, bukan tentang cita - citanya, tetapi karena alasan dari pemilihan cita - cita tersebut, penulis beralasan bahwa pekerjaan lain tidak akan membuat kemampuan kuliah kita di SI bertahan, kita akan lupa materi - materi perkuliahan kita, padahal tidak seperti itu. Apalagi jika kita bekerja sesuai dengan bidang kuliah kita, tidak hanya dosen bukan.
      Esai selanjutnya ditulis oleh seorang laki - laki. Ini bisa dilihat dari gaya penulisan yang lebih "to the point", lebih ke materi, lebih tegas, dan tidak membawa unsur perasaan. Hal yang menarik dari esai ini adalah dia sudah mempunyai cita - cita yang berhubungan dengan jurusan ini, ahli komputer. Darisini saya jadi lebih sadar bahwa setiap orang mempunyai nasib yang berbeda - beda. Ada yang bisa tahu apa yang dia mau ada juga yang masih meraba - raba apa yang menjadi passion dia. Setelah membahas 2 esai ini, bu vivin mulai memperkenalkan apa itu sebenarnya SI.
     Menurut bu Vivin, SI itu terdiri dari 3 unsur utama, yaitu people, data, and technology. Maksudnya adalah apa yang kita pelajari adalah hal - hal yang berkaitan tentang 3 hal itu. Sehingga jurusan SI ini adalah jurusan IPAS, yaitu gabungan ilmu IPA dan IPS, jarang ada kan jurusan yang seperti ini, malah saya tidak pernah tahu. IPA diambil dari technology and data, sedangkan IPS dari people and data (data kan bisa IPA dan IPS). Seperti yang saya tulis pada posting sebelumnya, prospek jurusan ini sangat terbuka lebar. Namun ada air pasti ada api, ada langit ada bumi, jadi dibalik kelebihan pasti ada kekurangan.
      Banyak orang yang bilang bahwa SI ini adalah jurusan yang "nanggung". Jika dilihat lebih dalam, SI adalah gabungan dari 2 jurusan, yaitu jurusan teknik industri dan jurusan teknik informatika. Ohya, sekedar info, awal kelas 3 SMA saya ingin masuk teknik industri, pertengahan kelas 3 saya ingin masuk teknik informatika, jadinya saat kuliah saya berada di "keduanya", yaitu sistem informasi. Saya jadi semakin senang berada di jurusan ini karena fakta ini,hehehe. Sebenarnya saya sudah tahu tentang hal - hal yang ada dalam sistem informasi. Namun dalam mata kuliah PSI ini, kita lebih "diantar" untuk mengetahui jurusan sistem informasi.
      Di akhir perkuliahan, kita juga diberikan materi tentang penerapan dan manfaat SI dalam kehidupan sehari - hari. Sebenarnya saya sudah tahu sebelum ada materi ini, tetapi saya hanya tahu permukaannya saja, saya belum "menyelam" di dalamnya, sehingga ketika diberi materi tentang ini, saya menjadi "menyelam" di dalamnya. Hal - hal tentang menyelam ini hanya ada pada pertemuan - pertemuan awal. Ketika sudah beberapa minggu, kita tidak hanya menyelam lagi, tetapi sudah "menjelajah lautan" sistem informasi. Karena kita akan belajar tentang sistem informasi yang sebenarnya, bukan hanya pengetahuan implementasinya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge