18 Februari 2013

Pertemuan 3 PSI



Pertemuan ketiga ini diawali dengan membahas bagan SI dibandingkan dengan jurusan yang dekat dengan kita, maksudnya bagan pembeda atau pemersatu hal - hal yang dipelajari dalam SI maupun dalam jurusan sejenis, yaitu informatika. Informatika berangkat dari ilmu matematika yang didukung dengan teknik elektro sehingga menghasilkan jurusan informatika, sedangkan SI berangkat dari teknologi informasi yang didukung dengan bisnis yang menghasilkan jurusan SI. Hal ini mengingatkan saya akan jurusan baru yang ada di STEI ITB, yaitu jurusan Sistem dan Teknologi Informasi yang biasa disingkat STI.

Sebenarnya jurusan ini sama dengan SI di ITS, namun ada T di tengah - tengahnya, yaitu teknologi. Saat saya bertanya pada senior saya yang masuk jurusan STI di ITB, dia bercerita bahwa jika disana bidang minat terbagi menjadi 2, yaitu sistem informasi dan teknologi informasi. Jika masuk SI, maka mereka akan mempelajari di bidang manajemennya, sedangkan jika masuk TI, maka mereka akan mempelajari di bidang teknologi yang digunakan. Hal ini berbeda dengan yang ada di SI ITS maupun SI di kampus lain yang hanya ada SI saja. Setelah melihat video yang diberikan oleh dosen saya di awal perkuliahan yang diambil dari salah satu kampus terkenal di Amerika, saya baru sadar bahwa ITB memakai kurikulum amerika, karena dari video yang saya lihat jurusan SI di sana bernama STI seperti yang ada di ITB.

Setelah membahas itu, selanjutnya ada komponen yang menyusun SI, ada 6 yaitu : software, hardware, tellecomunication, people, database, dan procedures. Tanpa komponen - komponen ini, sistem informasi yang dibuat tidak akan berjalan dengan baik. Ambil saja contoh database film yang ada di internet. software, hardware, dan database pasti ada di tempat server berada. Lalu kita mengakses dari rumah pasti menggunakan internet yang notabene merupakan telekomunikasi. Di tempat server pasti ada orang - orang yang bekerja mengatur server yang bisa disebut people. Semua itu berjalan lancar karena ada procedures, seperti kita mengetikkan judul film di web, lalu komputer akan mencari apa yang kita inginkan, dan ditampilkan di layar. Sehingga semua itu saling melengkapi.

Setelah itu dibahas tentang teori - teori tentang sistem informasi penuh dengan pengertian, sehingga akan panjang jika ditulis disini. Yang ingin saya tekankan adalah tentang perkembangan sistem informasi dari tahun ke tahun. Ambil contoh transaksi di bank. Jaman dahulu kita harus mengantri di teller untuk bertransaksi, kemudian muncul atm dan internet banking yang memudahkan kita untuk bertransaksi, sayangnya kita masih harus ke suatu tempat tertentu untuk melakukannya, yang terbaru adalah m-banking yang membuat kita bisa bertransaksi kapan saja dan dimana saja, sehingga tidak perlu ke ATM maupun ke warnet untuk bertransaksi.

Selain itu, sistem informasi juga dibagi menjadi sistem informasi sederhana sampai yang kompleks. Yang sederhana semisal web kaskus, forum detik, forum vivanews dan sebagainya. Mudah sekali untuk menggunakan maupun memanfaatkan dari yang tersebut di atas, karena memang tidak menggunakan model sistem informasi yang rumit. Berbeda dengan yang kompleks, ibarat kata, yang kompleks ini adalah otak manusia yang ada di komputer. Ambil contoh software pendeteksi penyakit yang user friendly. Konsumen hanya perlu memasukkan data - data, maka akan keluar informasi yang dibutuhkan. Itu semua dapat berjalan karena adanya komponen - komponen yang sudah disebutkan di awal tadi. Kesimpulan yang dapat saya sampaikan hari ini, jangan saja belajar tentang apa yang ada di jurusan sistem informasi, tetapi juga belajarlah hal lain karena pemanfaatan sistem informasi pasti akan berhubungan dengan hal - hal yang dipelajari di jurusan lain.
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge