21 Februari 2013

Pertemuan 4 PSI


Oke, ini adalah pertama kali mata kuliah PSI mengadakan praktikum. Sebelum praktikum dimulai saya menyempatkan diri untuk tidur terlebih dahulu di kosan, untuk siap - siap bertarung dengan PSI. Padahal aslinya memang sedang mengantuk berat,hehehe. Di bayangan saya ketika pertama kali masuk LPSI adalah masa - masa suram ketika semester 1. Setiap jumat siang kelas Alpro C waktu itu harus duduk di kursi panas LPSI untuk bertarung dengan job yang harus kita selesaikan, dan kebanyakan hasil dari tugas kita selalu berhasil gagal. Alhasil rekaman ingatan masa itu masih teringat ketika saya membuka pintu LPSI.

Ternyata praktikum hari ini diisi dengan 2 kelas, kelas saya dan kelas sebelah yang sama - sama diajar oleh bu Vivin. Praktikum pun dimulai. Materinya tidak jauh - jauh dari optimalisasi microsoft office. Selama ini kita memakai microsoft office paling - paling cuma untuk ngetik tugas, bikin presentasi, dan kadang - kadang menginput data dalam excel. Tetapi hari ini kita akan melakukan suatu hal yang revolusioner, tidak pernah kita lakukan sebelum berada di LPSI hari ini, yaitu menggabungkan pemanfaatan word, excel, dan outlook. Tujuannya untuk membuat surat yang isinya sama tetapi dengan subyek yang berbeda - beda, sehingga surat yang akan kita kirimkan secara broadcast tetap personal karena masing - masing surat memiliki nama yang berbeda.

Sebenarnya cara ini udah pernah kita lakukan, tetapi saya lupa,hehehe. Yang revolusioner adalah kita akan mengirimkannya menggunakan email. Perasaan cemas di awal ketika awal masuk LPSI pun menghilang, karena kursi yang biasanya "panas" tidak sepanas biasanya, tidak ada pemrograman hari ini. Setelah mencoba - coba, seperti biasa, bu Vivin akan memberikan tugas yang akan di submit di e-learning maksimal ketika akhir jam kuliah. Saya sempat mengalami kendala, tetapi bisa saya atasi karena saya seorang superhero mencoba - coba dan ternyata eror terjadi di proxy, memang kadang kita harus teliti jika menggunakan wifi ITS. Tidak sampai deadline, semua anak sudah selesai mengerjakan tugasnya, tidak seperti alpro yang meskipun sudah subuh tetap belum terkumpul,hehehe.

Akhirnya kita dikasih oleh - oleh sama bu Vivin, oleh olehnya adalah bakpia tugas. Tugasnya sama seperti yang dikerjakan di LPSI, namun yang ini menggunakan email selain email ITS. Perlu diketahui bahwa saat tugas di LPSI harus menggunakan email ITS. Oke, ini saja yang bisa saya tulis, sekarang saatnya mengerjakan tugas yang lain. See you at the my dreams top

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge