26 Februari 2013

Pertemuan 5 PSI


Hampir saja saya gak masuk kuliah, gara - gara hujan deras banget dan saya masih di luar kampus. Akhirnya ketika jam hampir - hampir menunjukkan jam masuk kuliah, hujan pun mulai reda, kami pun terpaksa berangkat ke kampus (kami karena saya sedang bersama beberapa teman) dengan berhujan - hujan ria. Coba kalau mata kuliah yang susah, pasti udah males banget buat berangkat, berhubung mata kuliahnya menyenangkan, jadinya berangkat saja. Sesampainya di kelas, sepi banget ini kelas, mungkin gara - gara hujan.

Materi hari ini adalah membahas tentang "valuable information". Jadi tidak semua informasi itu bisa dianggap sebagai informasi yang berharga. Ada kriteria - kriteria yang bisa menilai sebuah informasi itu berharga atau tidak. Sehingga awal - awal bu Vivin menjelaskan salah satu contoh sistem informasi (Utiket), lalu dari web itu diidentifikasi menurut kriteria dan Utiket memenuhi semua unsur kriteria tersebut. Saat menjelaskan ini tiba - tiba saya terkena musibah. Kaki saya sakit sekali, sepertinya terletak di daerah otot. Lalu saya bertanya ke teman saya, ternyata kaki saya terkena CETIT, sehingga istilahnya KECETIT. Ketika kaki saya bergerak dengan arah tertentu, maka sakitnya luar biasa, rasanya ingin pingsan saja. Akhirnya selama kuliah pun saya tidak terlalu konsentrasi gara - gara rasa sakit.

Setelah dijelaskan, kelas dibagi menjadi kelompok - kelompok lagi. Masing - masing kelompok diberi tugas untuk mengidentifikasi salah satu dari kriteria tersebut, lalu mencari contohnya, dan bagaimana contoh tersebut bisa sesuai dengan kriteria. Kelompok saya mengangkat website BMKG karena kriteria dari kelompok kami adalah reliable yang berarti mempunyai sumber yang terpercaya. Website BMKG mempunyai layanan prakiraan cuaca yang diambil dari berbagai pos pantau cuaca yang tersebar di seluruh Indonesia yang mempunyai alat canggih. Sehingga informasi dari BMKG pasti tepat dan tidak mungkin mempunyai perbedaan dengan data yang ada di stasiun pantau nya langsung. Saya menjadi paham bahwa tidak semua informasi itu bermutu, dan saya jadi tahu bagaimana menilai sebuah informasi sebagai informasi yang bermutu atau tidak.

Setelah perkuliahan selesai, ada tugas kelompok dan individu yang diberikan oleh bu Vivin. Sekian posting kali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge