28 Februari 2013

Pertemuan 6 PSI


Oke, bertemu lagi dengan saya. Kuliah PSI hari ini diisi dengan kuliah bersama. Jadi kelas PSI D dan E berada di satu ruangan, lalu ada asisten yang mengisi kelas kami. Materi yang dibawakan oleh asisten adalah tentang dashboard. Saat mendengar pertama kali, pasti dibayangan kita yang tergambar adalah spedometer, kapasitas tangki bensin, dan informasi mengemudi lainnya. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pengertian dan fungsi pada dashboard di dalam kendaraan bermotor. Dashboard dalam informasi berfungsi untuk menampilkan informasi yang mudah dipahami dan digunakan dari data yang telah diolah oleh komputer. Seperti disinggung dalam posting - posting sebelumnya, tujuan dari dibangunnya sistem informasi adalah bagaimana agar data yang sukar dibaca oleh orang biasa bisa dengan mudah dimengerti oleh orang biasa dengan bantuan tampilan yang simpel, menarik, dan tidak ada distorsi informasi.

Dalam perkuliahan tadi, ada 2 contoh tugas akhir dari senior yang sudah lulus. Keduanya berasal dari lab yang sama, yaitu SPK atau sistem pengambil keputusan. Jadi tugas akhir yang dibuat oleh mahasiswa yang masuk di SPK adalah membuat aplikasi yang membantu atasan untuk mengambil keputusan tentang sesuatu hal, dan aplikasinya harus memudahkan orang tersebut. Jadi jika pengguna memasukkan data - data yang dibutuhkan, maka akan muncul hasil yang diharapkan. Pembuat aplikasi atau programmer harus paham apa saja yang dibutuhkan oleh user, jangan sampai ada informasi yang tidak dibutuhkan, namun ditampilkan di aplikasi tersebut. Bu Vivin pun sempat berkata " anak SI itu harus pintar bersosial, teknologi, dan gak boleh gaptek".

Lalu hal selanjutnya yang dibahas adalah dashboard yang dibuat itu harus strategical, operational, taktikal, itu ada hubungannya dengan paragraf kedua di atas. Strategical adalah aplikasi yang kita buat harus memudahkan user dalam mengambil keputusan jangka panjang. Operational adalah aplikasi harus mudah dioperasikan, dan yang terakhir taktikal adalah aplikasi harus membantu user dalam melakukan sesuatu. Semakin menarik aplikasi yang kita buat, maka nilai jual pun akan semakin tinggi.

Setelah membahas tentang dashboard ini, kelas dibagi menjadi kelompok lalu mengerjakan penugasan, yaitu membuat dashboard sederhana yang bisa kita lakukan di microsoft excel. Ketika kelompok lain masih bingung bagaimana cara membuatnya, ada salah satu kelompok yang sudah selesai dengan cepat dan hasilnya memuaskan, memang benar - benar dewa komputer. Akhirnya bagi yang belum presentasi ke depan, ada tugas take home tentang hal yang sama, namun harus membuat 5 jenis dan dikumpulkan nanti malam. Karena kita masih belum mahir dalam mengolah data menjadi informasi yang bagus, saat tulisan ini di posting, kita masih berusaha mengerjakannya,hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge