01 Februari 2013

Pasuruan: Menikmati Senja di Alun - Alun sampai Pelabuhan


"kamu dari SMP mana ?"
"SMPN 1 Pasuruan"
"mana itu Pasuruan ?"
Selalu seperti itu ketika saya mengatakan bahwa saya dari Pasuruan, hanya sedikit yang tahu mana itu kota Pasuruan, beberapa diantaranya lebih tahu Bangil, Taman Safari, Kebun Raya. Di benak mereka Pasuruan ya cuma satu, padahal Pasuruan ada kabupaten dan juga kota. Padahal Malang dan kota Pasuruan hanya berjarak sekitar 60 km. Saat kuliah pun saya mengalami hal yang sama di ITS. Pertanyaan yang selalu muncul "Pasuruan itu yang ke arah Malang itu ya ?", padahal itu kabupaten Pasuruan. Susah memang menjelaskan hal - hal seperti ini. Untuk itu, maka saya akan memperkenalkan beberapa wisata yang ada di kota saya tercinta ini, sehingga tidak hanya menjadi transit ketika akan ke Bali saja, tapi juga menjadi kota singgah untuk sekedar menikmati suasana kota ini.






Karena merupakan kota kecil, tidak ada MACET di kota ini, nyaman sekali berkendara disini. Oke, selain tempat - tempat di bawah ini, kota Pasuruan mulai berbenah. Kabar yang saya dapat disini akan segera dibangun waterpark dan taman - taman hijau seperti taman bungkul di Surabaya. Yang paling terkenal dari kota Pasuruan adalah makam KH. Abdul Hamid. Makam ini sangat ramai dikunjungi oleh orang - orang yang sedang berziarah. Makam nya terletak di dekat alun - alun kota Pasuruan. Orang - orang yang berziarah saat ini harus naik becak atau berjalan kaki dari tempat parkir bus mereka di parkir wisata kota Pasuruan, sebelumnya bus selalu parkir di alun - alun. Yang lebih ramai lagi saat haul, namun keramaian haul bukan terjadi di makam, tetapi di Ponpes yang diasuh KH. Abdul Hamid semasa hidup dulu.





kota Pasuruan juga terkenal sebagai penghasil mebel. Pengrajin mebel banyak bertebaran di daerah bukir, bahkan mebel Pasuruan sudah di ekspor ke negara - negara barat. Selain itu pelabuhan Pasuruan juga berfungsi sebagai pelabuhan kayu yang cukup besar. Pengrajin logam juga ada di kota ini. Beberapa tahun terakhir mulai muncul pusat perbelanjaan baru di kota Pasuruan, sebut saja Giant dan Carrefour. Sehingga ke depan bisa dipastikan perekonomian di kota ini akan meningkat. Dan semoga kota Pasuruan dikenal oleh masyarakat luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge