13 Februari 2013

Kemenarikan Sistem Informasi



Sebagai mahasiswa sistem informasi, kita patut berbangga karena sistem informasi mempunyai prospek yang bagus kedepannya. Di dalam video dijelaskan bahwa jurusan sistem informasi menggabungkan 2 kemampuan utama, yaitu kemampuan di bidang bisnis dan kemampuan di bidang teknologi, serta kemampuan kepemimpinan untuk mendukung 2 kemampuan utama tersebut. Lulusan sistem informasi sangat berguna bagi perusahaan untuk bersaing dalam kompetisi di dunia bisnis. Dalam perusahaan beberapa job placement yang membutuhkan lulusan sistem informasi adalah system analis dan desain, networking systems, dan data communications. Selain itu, kebutuhan akan pekerjaan ini semakin meningkat dengan semakin berkembangnya penggunaan teknologi di dalam perusahaan atau dalam dunia bisnis.

Selain bekerja dalam perusahaan, kita juga bisa bekerja lepas atau bisa disebut freelance. Tetapi freelance yang dimaksud adalah dalam skala besar karena pekerjaan yang kita tanggung sangat besar, sehingga jika dalam skala kecil kita akan menjadi freelance dan ketika kita sudah mempunyai perusahaan yang besar dan milik sendiri, maka kita akan menjadi pengusaha besar, bukan lagi freelance. Dalam hal ini, kita bisa menjadi business system information architect, e-business developer, security analyst, systems consultant, dan application software developer. Maka dari itu, banyak peluang pekerjaan maupun peluang usaha yang bisa kita ambil jika kita menjadi lulusan sistem informasi. Jika kita menjadi pengusaha, maka kehidupan yang sejahtera ada dalam genggaman kita.

Karena yang membutuhkan jasa lulusan sistem informasi tidak hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri. Selain itu, kita juga tidak terikat waktu dalam melakukan pekerjaan karena kita tidak bekerja di perusahaan tetapi mempunyai perusahaan sendiri. Intinya ilmu bisnis ketika kita kuliah di jurusan ini bisa kita terapkan untuk membantu perusahaan dalam dunia bisnis mereka maupun juga bermanfaat bagi kita ketika kita ingin membuka bisnis atau terjun di dunia wirausaha. Selain itu, kemampuan kepemimpinan juga bisa berguna bagi kita baik di dalam perusahaan maupun ketika kita menjadi pengusaha, karena untuk menjadi orang yang mempunyai jabatan tertinggi di sebuah perusahaan publik ataupun perusahaan sendiri kemampuan yang dibutuhkan adalah kemampuan kepemimpinan, kemampuan teknikal kita hanya menjadi bahan pertimbangan saja, yang paling penting adalah kemampuan kepemimpinan, dan semua itu, baik kemampuan teknikal maupun kepemimpinan, kita dapatkan jika kita kuliah di jurusan sistem informasi. 

Menurut survei terpercaya, peluang pekerjaan yang paling cepat berkembang adalah pekerjaan yang membutuhkan kemampuan bisnis dan teknologi. Permintaan perusahaan dan lulusan yang tersedia tidak sebanding sehingga dalam arti lain kita akan diperebutkan oleh perusahaan – perusahaan, minimal sampai 3-4 tahun mendatang. Sehingga ini yang menjadi daya tarik utama jurusan sistem informasi. Bisa dikatakan jurusan Sistem informasi di desain untuk kebutuhan masa kini dan masa mendatang.

Sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/--5Q9UkTN7fM/UKySjLE8N_I/AAAAAAAAAI4/wClPnBp4DL4/s1600/Sistem+Informasi.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge