14 Maret 2013

Pertemuan 9 PSI


Mata kuliah hari ini diisi dengan materi peran sistem informasi di dalam organisasi. Sebenarnya materi ini sudah saya posting di pertemuan 8, tetapi karena waktu itu perkuliahan ditiadakan, maka yang saya tulis hanya gambaran secara umum saja. Namun untuk saat ini saya mudah - mudahan bisa menulis dengan teori yang sebenarnya, hehehe. Sebenarnya ini materi yang tidak terlalu sulit, karena sudah bisa kita pelajari dari berita - berita atau lewat obrolan santai dengan teman dan kerabat kita. Dalam sebuah organisasi, terutama dalam bisnis, secara umum dibagi menjadi 3 tahap, yaitu input, proses, dan output. Input adalah bahan mentah sebelum dilakukan sesuatu terhadapnya.

Dalam sebuah proses untuk pemroses produk, ada alur yang harus dilewati dari bahan mentah sampai costumer services. Jarak dari tempat bahan mentah dan CS kebanyakan sangat jauh karena bahan mentah berasal dari daerah non perkotaan dan CS ada di kota - kota besar dimana pelanggan banyak berada. Hal ini tidak bisa dihindari karena tidak mungkin CS berada di daerah non perkotaan, toh tanpa CS pun mereka sudah memiliki produk yang ditawarkan, berbeda dengan daerah perkotaan yang tidak ada sumber daya alam yang bisa dinikmati, sehingga perlu produk yang berasal dari daerah non perkotaan, maka dari itu adanya CS untuk mendengar aspirasi pelanggan tentang produk yang ditawarkan.

Lantas apakah kita harus berdiam diri ketika ongkos yang organisasi keluarkan dari awal hingga akhir begitu besar ? disini peran dari SI dibutuhkan. Ketika SI sudah masuk dalam organisasi, SI bisa meringkas alur yang aslinya sangat menguras keuangan menjadi lebih murah karena dukungan jaringan yang dibangun. Hal lain yang dibahas adalah tentang mengapa tempat produksi selalu berada di tengah - tengah antara sumber SDA dan perkotaan. Hal ini dikarenakan tidak mungkin pabrik dibangun di tempat SDA karena suatu saat SDA akan habis, lalu mencari SDM yang murah, dan jarak yang jauh dari target pasar yang sebagian besar berada di perkotaan. Sehingga kebanyakan tempat produksi berada di tengah - tengah antara tempat asal dan target pasar. Inilah fungsi SI, bagaimana agar manajemen teknologi terutama bisa berguna untuk meringkas struktur organisasi maupun alur barang dan manusia sehingga profit yang didapat organisasi bisa maksimal.

Yang terakhir adalah jenis - jenis organisasi. Mulai dari yang tradisional sampai virtual. Tradisional adalah yang banyak kita tahu selama ini seperti di struktur pemerintahan maupun universitas. Lalu ada project dan team yang sifatnya tidak permanen, namun lebih cepat bubarnya team karena hanya mengurusi proyek tertentu saja. Struktur project dan bisa membuat pekerja lebih fokus karena tidak digabung antar divisi, sedangkan tradisional masih digabung menjadi satu. Lalu ada virtual yang sekarang sedang naik daun. Organisasi jenis virtual ini membuat owner dan worker tidak bertatap muka, namun bukan berarti tidak aman karena perusahaan yang memakai jasa virtual ini pasti perusahaan besar yang sudah punya nama, namun kita tetap harus berhati - hati, karena semakin maraknya organisasi virtual ini semakin banyak orang yang akan mencari keuntungan melalui cara yang tidak semestinya.

Mungkin itu saja yang bisa saya jabarkan tentang materi hari ini. Dengan semakin belajar SI lebih dalam, maka saya lebih mengerti fungsi dan peran dalam SI. Terima kasih banyak yang sudah membaca, semoga mendapat jodoh ilmu yang bermafaat dengan membaca artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge