19 Maret 2013

Pertemuan 10 PSI

 

Pertemuan ke 11 ini diisi dengan materi kelanjutan dari materi pertemuan sebelumnya, yaitu IS in organization. Karena ini lanjutan, maka yang diajarkan pun lebih kompleks daripada pertemuan kemarin. Awal masuk, bu Vivin langsung menjelaskan tentang strategi perusahaan dalam menjalankan usahanya. Strategi yang dimaksud adalah competitive strategies. Strategi ini dibagi - bagi menjadi beberapa kelompok, seperti cost leadership, differentiation, innovation, growth, alliance dan other strategies. Setelah dijelaskan secara singkat, bu Vivin membuat games kecil tentang materi ini. Jadi kita diminta untuk melengkapi tabel yang sudah ada. Di dalam tabel itu sudah ada 1 contoh yang bisa dijadikan petuntuk untuk menebak - nebak contoh yang lain. Kita diberi waktu selama 30 menit untuk mengerjakannya secara berkelompok.

Karena kita belum tau apa - apa, sehingga feeling yang menentukan jawaban kita, ditambah dengan ilmu tentunya. Jika mencari contoh untuk cost leadership, maka yang dicari adalah yang ada kata - kata "cost" di dalam kalimat tersebut. Lalu untuk growth, mencari kata - kata yang ada arti "berkembang" atau "meluaskan" di dalam kalimat. Setelah 30 menit, lembar jawaban dikumpulkan. Setelah dikoreksi, ternyata banyak yang salah, mungkin karena memakai ilmu feeling itu ya, seharusnya lebih banyak ilmunya daripada feelingnya, kenyataannya terbalik,hehehe. Kita harus menelaah terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam salah satu kelompok.

Setelah itu di bahas tentang strategi bisnis yang menggunakan teknologi informasi. Pertama tama membahas tentang sebuah kalimat dari Peter Keen. Kata - katanya mempunyai arti bahwa bukan teknologi apa yang penting bagi perusahaan, tetapi bagaimana kita memaksimalkan teknologi yang kita punya sehingga penggunaan teknologi menjadi optimal. Jadi buat apa teknologi canggih tetapi kita tidak bisa memaksimalkan penggunaannya. Ohya, jurusan SI ITS mempunyai lisensi untuk menggunakan SAP. Dalam setahun kita harus membayar 80 juta. Meskipun telah dijelaskan, saya masih bingung seperti apa SAP itu, sampai - sampai setahun harus membayar 80 juta. Itu bisa dibuat beli software animasi yang mahal. Kembali ke topik, IT bisa sangat berguna bagi organisasi karena IT bisa meningkatkan kinerja proses bisnis. Jadi biaya yang sebelumnya digunakan untuk "kerepotan" tanpa IT bisa diinvestasikan untuk IT yang jangka panjangnya akan lebih murah.

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas, terima kasih yang telah membaca. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge