23 Maret 2013

Pertemuan 11 PSI

Pertemuan ke 12 ini diadakan pada malam hari, karena praktikum di LPSI, sehingga pertemuan pada siang hari ditiadakan. Kuliah praktikum malam ini begitu spesial, mengapa ? karena kita akan mengotak atik aplikasi yang biaya sewa pertahunnya mencapai 80 juta, itu merupakan harga termurah karena ITS bekerja sama dengan perusahaan penyedia aplikasi ini, dan aplikasi mahal ini hanya ada di jurusan Sistem Informasi, hebat bukaan. Aplikasi ini adalah SAP, mau tahu apa itu SAP ? mbah google siap menjawab,hehehe. Pada pertemuan ke 11 sebenarnya bu Vivin sudah menjelaskan tentang SAP ini, tetapi saya tetap tidak seberapa paham. Yang namanya aplikasi biasanya sekali beli kita sudah bisa menggunakannya sepuasnya, tetapi ini harus bayar per tahun, jadi saya membayangkannya ini adalah aplikasi langganan.

Saat praktikum dimulai, kita dikenalkan dulu apa kegunaan dari SAP ini. Selidik punya selidik, SAP ini digunakan untuk ERP di dalam perusahaan. Gampangnya, aplikasi ini berguna untuk membantu perusahaan mengatur segala urusan bisnis yang ada di perusahaan mulai dari bahan baku sampai produk jadi, mulai dari keuangan sampai hubungan pelanggan. Jadi di dalam aplikasi ini ada berbagai macam menu yang bisa kita manfaatkan. Setelah dijelaskan begitu panjang, saya mulai agak paham. Ternyata data yang kita masukkan ke dalam aplikasi SAP ini tidak disimpan di komputer kita, tetapi disimpan di database yang ada di kantor SAP di Amerika sana.

Lalu saya mencari - cari di google seberapa terkenal SAP ini, ternyata 80% perusahaan yang menggunakan ERP pasti menggunakan SAP. Bisa dibayangkan seberapa besar memori di database sana, mungkin database facebook kalah dengan database SAP ini. Kebetulan sehari sebelumnya saya mengunjungi bursa karir ITS untuk tugas PSI juga, dan ada beberapa perusahaan besar yang mensyaratkan pelamar kerjanya mahir menggunakan SAP. Padahal SAP hanya dimiliki oleh beberapa jurusan di beberapa perguruan tinggi saja, waah. Ternyata menggunakan SAP tidak semudah melipat baju. Saat diberi kesempatan oleh dosen untuk mencoba, banyak dari teman - teman yang salah langkah dan akhirnya aplikasi tidak bisa dijalankan karena tingkat keamanan aplikasi yang tinggi, sehingga tidak mau menerima banyak kesalahan dari user.

Untung saja saya bisa masuk,hehehe. Saat mencoba menu - menu yang ada di dalam pun harus dilakukan dengan penuh kehati - hatian, karena data yang kita input langsung disimpan di Amerika sana. Bisa dibayangkan kalau internet perusahaaan begitu lambat, tatapi tidak mungkin, karena yang menggunakan SAP ini pasti perusahaan besar. Jadinya kita tidak menginput data apa - apa, hanya sekedar mengetahui fungsi - fungsi dari menu - menu yang ada. Benar - benar lengkap dan rumit. Setelah puas menjelajah, akhirnya ada tugas untuk meresume yang sudah kita lakukan tadi dan di print screen. Mungkin itu saja yang bisa saya tulis hari ini, akhir kata, harga mahal belum tentu dibarengi dengan kemudahan. terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge