29 Maret 2013

Pertemuan 13 PSI


Pertemuan genap selalu diisi dengan praktikum, dan pertemuan ganjil selalu diisi dengan kelas, sehingga bisa ditebak hari ini adalah praktikum. Ya, pertemuan kali ini tetap membahas tentang materi yang dibahas minggu lalu, yaitu ERP. Bedanya jika minggu lalu memakai software yang berbayar dan mahal banget, kali ini kita memakai software yang gratis, namanya openERP. Fungsi dari software ini sama saja dengan SAP, karena memang sama - sama memakai konsep ERP, namun yang membedakan adalah kemudahan dan kelengkapan dari software. Namanya juga barang gratis, pasti lebih tidak lengkap daripada software yang berbayar dong, namun untuk fungsi - fungsi utama nya dan fungsi dasar pasti tetap ada, yang tidak ada adalah fungsi - fungsi pendukung.

Kuliahnya hanya diisi oleh asisten praktikum karena dosen utamanya berhalangan hadir, dan yang mengisi adalah mas Yoga 2010. Mas yoga hanya menjelaskan tentang dasar - dasarnya saja, kita tidak mencoba software nya karena itu dijadikan tugas take home dan kita harus install dan mencobanya sendiri,hmm. 1 kata penting yang bisa didapat dari pertemuan hari ini adalah " syarat terpenting dalam ERP adalah integrasi ". Karena fungsi dari ERP ini adalah mengintegrasikan semua data dari semua divisi di dalam sebuah organisasi, jika tidak bisa mengintegrasikan seperti yang disebutkan, maka tidak bisa disebut sebagai software ERP.

Lalu ERP seperti apa yang dibahas ? yang dibahas adalah manajemen rantai pasok atau biasa disingkat SCM. SCM adalah manajemen untuk memproses rangkaian kegiatan dari produksi awal sampai tiba di tangan konsumen. Fungsi dari SCM ini adalah agar perusahaan bisa lebih esifien dalam pengadaan barang dan jasa, sehingga dana yang digunakan pun lebih sedikit dengan tidak mengurangi kualitas dari produk itu sendiri. Seperti yang pernah saya tulis di awal dulu, fungsi dari sistem informasi adalah memaksimalkan penggunaan teknologi di dalam perusahaan atau organisasi, sehingga yang dulunya dibutuhkan dana yang banyak dan tidak praktis, maka dengan adanya teknologi maka proses yang panjang bisa menjadi lebih ringkas dan lebih murah.

Salah satu implementasi penggunaan openERP adalah tugas akhir milih salah satu senior saya, yaitu mas Kukuh. Mas Kukuh mengambil studi kasus tentang alur distribusi ubi kayu di bulog jatim. Karena selama ini data yang ada di bulog jatim dilakukan secara manual. Jadi data - data yang ada di kota kabupaten se jawa timur harus didata secara manual untuk dikirimkan ke bulog jatim. Tidak ada pengintegrasian data di bulog jatim. Sehingga untuk mengambil sebuah keputusan dibutuhkan waktu yang lama karena harus dilihat secara manual. Maka dari itu diterapkan openERP untuk pengintegrasian data, sehingga data daerah mana yang kelebihan maupun kekurangan bisa dilihat dengan cepat dan ketahanan pangan pun bisa stabil di jawa timur.

Semakin lama saya semakin mengerti implementasi sistem informasi di dalam perusahaan. Tapi yang saya masih penasaran adalah, sebelum ada sistem informasi seperti ini, perusahaan besar sudah lama berdiri, dan menurut saya sudah mempunyai sistem informasi. Lhaa, orang - orang dari jurusan apa yang membuat sistem informasinya ? lalu pastinya mereka pastinya saingan dari anak sistem informasi sendiri, bagaimana ya menyikapinya, jadi penasaran,hmm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge