06 Maret 2013

Pertemuan ditiadakan PSI


Pertemuan hari ini ditiadakan, namun kita harus belajar mandiri tentang bab yang seharusnya hari ini dijelaskan oleh bu vivin. Hari ini akan membahas tentang peranan sistem informasi di dalam suatu organisasi. Dari materi yang saya baca, peranan sistem informasi dalam suatu organisasi sangat besar. Karena di abad milenium ini, semua harus berjalan dengan cepat dan tepat. Dengan adanya sistem informasi, organisasi akan lebih mudah menjalankan kegiatannya karena membuat proses yang dahulu lama kini semakin cepat. Ambil contoh dalam hal organisasi industri waralaba. Jika organisasi mempunyai usaha supermarket yang tersebar dimana - mana, akan sangat tidak efisien jika stok barang dihitung secara manual.

Dengan adanya sistem informasi, barang - barang itu akan diberi kode lalu diinputkan di komputer. Jika barang telah habis, manager toko akan dengan mudah mengetahuinya dan langsung meminta kepada pusat agar mengirim barang - barang yang diinginkan. Itu akan mempercepat kerja organisasi dan bisa mendatangkan keuntungan maupun nilai lebih terhadap usaha yang dijalankan.

Selain itu, sistem informasi semakin membuat persaingan usaha menjadi lebih ketat. Karena mereka berlomba - lomba meningkatkan daya tarik masyarakat untuk menggunakan jasa mereka. Ambil contoh organisasi yang mempunyai usaha penjualan tiket pesawat. Mereka akan berlomba - lomba memberikan konsumen kemudahan dalam bertransaksi menggunakan sistem informasi yang pas sehingga menarik. Selain itu, dalam struktur organisasi, sistem informasi juga berperan dalam merubah susunannya. Misalnya jika dahulu masih ada sie yang bekerja di bagian yang belum bisa dihandle oleh sistem informasi, maka sekarang bagian itu tidak ada dan struktur organisasi semakin ramping.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Sekarang saatnya mengerjakan tugas PSIIII

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge