09 Maret 2013

Pertemuan 7 PSI



Oke, pertemuan hari ini adalah kelas praktikum. Angka genap dalam posting adalah praktikum sedangkan angka ganjil adalah kelas biasa. Kami kira awalnya kelasnya di ruang biasa, tetapi ditunggu kenapa bu Vivin tidak datang - datang, akhirnya ketua kelas mencari dosen ke ruangannya dan ke LPSI. Setelah berkeliling, ternyata hari ini adalah praktikum di LPSI yang dikelola oleh asisten praktikum. Praktikum hari ini akan membahas tentang data mining bagian credit scoring. Yang dimaksud dengan data mining adalah mengolah data sedemikian rupa dengan beberapa langkah yang akhirnya akan memunculkan informasi yang sangat berguna bagi user, terutama bagi pemegang keputusan. Sebelum membuat credit scoring pasti harus sudah tahu apa saja aspek yang dinilai, lalu aspek yang paling memengaruhi, dan sejenisnya. Semua itu penting karena akan dijadikan patokan penilaian apakah credit yang diajukan oleh calon kreditor diterima atau tidak.

Setelah penjelasan tentang credit scoring, kita ada tugas tentang menggunakan aplikasi credit scoring yang telah dibuat oleh senior kami ketika tugas akhir dulu. Basic dari program ini adalah menggunakan ms. excel. Sampai sekarang saya masih bingung bagaimana membuat ms. excel bisa secanggih itu, diapakan coba. Di penjelasannya sih digabung dengan pemrograman, belum terbayang bagaimana bisa dikawinkan antara excel dan pemrograman. Tugasnya cukup mudah karena kita hanya perlu print screen seolah - olah kita menjadi pegawai bank yang melayani salah satu nasabah, hanya dengan mengetikkan data - data di kolom yang telah tersedia. Hal ini sangat membantu karena pegawai bank tidak perlu capek - capek kerja menyeleksi setiap syarat yang diperlukan, tinggal masukin data, beres deh.

Program yang diberikan kepada kita sebenarnya cukup bagus, namun sayangnya alasan yang diberikan di kolom keputusan agak membingungkan karena penulis pernah mengalami ketika mencoba hasilnya ditolak. Tetapi alasan yang diberikan adalah mengajukan kredit terlalu sedikit, di bawah standar. Padahal di awal menjalankan program kita tidak diberi tahu tentang berapa uang yang bisa kita ambil. Kesimpulan dari kuliah hari ini adalah sistem informasi mempunyai berbagai peranan dalam dunia di era globalisasi ini, apalagi bagi yang ingin masuk bank, pasti berlomba - lomba. Tetapi tenang, SI ITS tetap dilirik kok dibandingkan yang lain,hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge