11 Maret 2013

Pertemuan 8 PSI


Oke, hari ini adalah pertemuan ke 9 PSI tercinta ini. Kelas hari ini tidak full, karena hari ini adalah HARPITNAS, sehingga mungkin ada teman - teman yang ada acara bersama orang - orang terdekatnya. Pertemuan hari ini kebanyakan adalah membahas tentang penugasan yang telah dikumpulkan. Tugas - tugas terbaik dipresentasikan oleh si pembuat tugas. Tugas pertama yang dipresentasikan adalah tugas kelompok tentang valuable information yang ada di data olimpiade. Ada 5 kelompok yang melakukan presentasi karena menurut b.Vivin tugasnya menarik untuk dibahas. Ternyata kelompok saya termasuk salah satu dari 5 itu, senang dong, hehehe. Presentasi demi presentasi dilakukan, penyajian masing - masing kelompok memiliki ciri khas yang berbeda. Ada kelompok yang membahas tentang tampilannya ketika masih berupa data di excel, ada juga yang membahas tentang informasi yang didapat, ada juga yang keduanya, bermacam - macam.

Setelah 5 kelompok tersebut maju, kelompok saya satu - satunya yang tidak dikomentari, entah karena terlalu benar atau tidak ada yang menarik,hmmm, saya lebih terpikir yang kedua. Setelah membahas tentang tugas kelompok, kuliah dilanjutkan oleh tugas individu. NRP - NRP yang pekerjaannya benar dipajang di depan, seperti biasa, tugas saya tidak masuk. Seingat saya selama 4 minggu kuliah PSI ini tugas saya selalu belum benar sepenuhnya, sepertinya pemahaman saya belum terlalu matang tentang konsep awal PSI ini. Dari yang benar - benar itu, diambil 5 yang memiliki tugas paling menarik. Satu demi satu maju untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya, saya pun jadi sadar bahwa banyak kesalahan yang saya lakukan dalam penugasan saya. Karena apa yang saya maksud dan kerjakan dengan yang teman - teman kerjakan memiliki pemahaman yang berbeda dalam suatu hal.

Yang membuat saya ketar ketir lagi adalah saat membuka file yang akan dipresentasikan, saya memerhatikan NRP - NRP yang ada disana. NRP saya tidak ada disitu, saya kira yang ada dalam folder itu adalah NRP yang pekerjaannya benar. Namun tiba - tiba salah satu teman saya menepuk pundak, sebut saja namanya ilmas.
ilmas : to, NRP mu kok gak ada, kamu belum ngumpulin ya
saya : udah kok, emang NRP mu ada ?
ilmas : ada kok, padahal pekerjaanku salah juga

Saya pun tambah sedih, udah pekerjaan belum benar, file pun tak ada, ibarat pepatah, sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Setelah teman - teman presentasi tentang pekerjaannya, b.Vivin menjelaskan tentang kumpulan informasi yang disebut dengan Knowledge atau pengetahuan. Saat pertemuan awal - awal, kita dibimbing untuk membuat kumpulan data menjadi informasi yang mempunyai nilai lebih. Nah, sekarang kita ditantang lebih jauh lagi, kita harus bisa membuat sebuah pengetahuan yang bagus dari kumpulan informasi yang kita punya. Knowledge berpengaruh terhadap kebijakan seorang manager dalam mengambil sebuah keputusan. Jika direview, materi tentang credit scoring kemarin sudah termasuk knowledge karena kita mengambil informasi, lalu dengan data mining kita menganalisa, setelah itu diambillah sebuah keputusan.

Saat kuliah berakhir, saya langsung mendatangi b.Vivin untuk kroscek masalah ini. Setelah dicari di e-learning, ternyata tugas saya belum terdownload karena berada di halaman 2, akhirnya lega, tangga pun tidak jadi menimpa saya, saya hanya terjatuh. Semoga kedepannya saja bisa bangkit dari kejatuhan ini. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge