02 April 2013

Pertemuan 14 PSI


Pertemuan hari ini diawali dengan tes acak tentang soal - soal yang sudah diberikan oleh bu Vivin. Soal - soal tersebut membahas tentang 3 hal, yaitu customer relationship management (CRM), supply chain management (SCM), dan enterprise resource planning (ERP). Semakin lama saya semakin familiar dengan kata - kata tersebut,hehehe. Asal boleh tahu, masing - masing dari di atas itu merupakan mata kuliah di tahun - tahun atas, tetapi di mata kuliah PSI ini dibahas secara kulitnya saja, belum menyentuh dalamnya. Teman - teman yang tidak bisa menjawab pertanyaan dalam hitungan 3 detik maka harus mencari jawaban di luar kelas lalu boleh kembali ketika sudah menemukan jawabannya. Setelah tanya jawab selesai, dilanjutkan dengan materi.



Hari ini materi yang dibahas mengenai salah satu dari soal - soalnya, yaitu tentang ERP. Sudah beberapa pertemuan yang dibahas adalah ERP, sampai jatuh bangun cinta.Sudah melihat bagan di atas ? ya itulah salah satu yang dibahas hari ini. Itulah diagram proses pemilihan ERP. Asal boleh tahu, tidak semua perusahaan cocok menerapkan konsep ERP, tergantung dari kebutuhannya. Untuk memilih ERP tidak sembarangan, harus dianalisa dan dikaji matang - matang. Karena jika kita terlanjur salah maka kita akan kehilangan banyak modal karena investasi ERP yang tidak murah. Selain itu bukannya semakin baik malah akan berakibat semakin buruk terhadap kinerja perusahaan. Saat melakukan pengkajian penggunaan ERP, maka yang dilakukan seperti bagan di atas adalah memikirkan strategic planning dan business planning perusahaan.

Setelah dirasa kita membutuhkan ERP, maka proses berlanjut ke bagian tengah yang dibatasi oleh garis putus - putus itu. Jika tidak maka ya tidak lanjut. Disana kita harus mendalami perusahaan kita. Karena masing - masing software ERP memiliki keunggulannya masing - masing. Jadi kita harus mengetahui mana yang dibutuhkan oleh perusahaan kita. Kita menentukan capacity planning perusahaan, penjualan, operasional, peramalan, dan lain sebagainya. Setelah selesai, perusahaan pun bisa menerapkan ERP ini. Mungkin jika diibaratkan dengan kata - kata : tak kenal maka tak sayang, kaji dulu ERP sebelum duit melayang, hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge