06 April 2013

Pertemuan 15 PSI



Pertemuan kali ini adalah kelas praktikum. Minggu - minggu lalu sudah membahas tentang ERP, udah berapa kali pertemuan membahas tentang itu, sekarang saatnya membahas tentang CRM atau bisa disebut Customer Relationship Management. Bahasa gampangnya, ini adalah konsep yang membahas tentang hubungan perusahaan dengan pelanggannya. Sebuah perusahaan tidak akan berjalan jika tidak ada pelanggan, mau dijual ke siapa coba kalau tidak ada pelanggan, karyawan ? gali lubang tutup lubang dong. Sehingga perlu ada konsep khusus tentang CRM ini.

Biasanya materi yang akan dibahas saat praktikum akan dibahas terlebih dahulu di dalam kelas. Tetapi untuk CRM ini berbeda, kita praktikum dahulu, baru pertemuan berikutnya ada di kelas. Pertemuan CRM ini berjalan cukup singkat. Seperti biasa, praktikum kali ini membahas tentang tugas akhir dari salah satu senior kami yang berhubungan dengan CRM. Studi kasusnya adalah tentang data pembelian pelanggan di sebuah organisasi. Jadi seorang pembeli itu dibagi - bagi menjadi kluster - kluster. Dari kluster - kluster itulah ditentukan kebijakan perusahaan tentang pelanggannya. Kluster dengan jumlah pelanggan paling banyak pasti mendapat prioritas dalam strategi perusahaan. Pembagiannya itu berdasarkan FRM atau Frekuensi, Resensi, dan Monitory. Frekuensi adalah seberapa sering seorang pelanggan mendatangi toko tersebut. Resensi adalah kapan terakhir pelanggan tersebut datang ke toko. Monitory adalah berapa uang yang dibelanjakan oleh pelanggan saat berbelanja.

Ada kluster yang F dan R nya tinggi namun M nya rendah, ada yang sebaliknya. Kalau tidak salah ada 9 macam kluster. Darisini bisa kita lihat pola berbelanja atau pola konsumsi dari pelanggan produk kita. Saya masih bingung tentang bagaimana perusahaan menilai suatu pelanggan jika datanya tidak masuk, dalam arti tidak mempunyai kartu member. Mungkin ini saja yang bisa saya share dari praktikum kali ini. Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge