06 April 2013

Pertemuan 16 PSI


Oke, ini adalah pertemuan di luar jadwal biasanya. Kenapa ? karena dosen kita tercinta, bu Vivin akan meninggalkan kampus tercinta untuk sementara. Maka dari itu, materi sebelum UTS diberikan diluar jadwal yang sebenarnya, pertemuan kali ini dilaksanakan hari Jumat siang. Materi yang dibahas adalah CRM yang telah di praktikumkan sehari sebelumnya. Yang kedua adalah SCM atau Supply Chain Management, bahasa kalbunya indonesianya adalah manajemen rantai pasok. Awal - awal dulu sudah sempat menyinggung tentang ini, namun tidak secara rinci karena memang akan dibahas lebih rinci di pertemuan yang ini. Yang pertama adalah CRM karena memang mereview apa yang telah kita dapatkan dari praktikum.

Kata kunci dari CRM adalah mengikat pelanggan, lalu mempertahankan pelanggan yang sudah ada, kemudian akan terjadi loyalitas dari pelanggan. Sebelum ada konsep CRM, kebanyakan perusahaan memakai cara market share. Maksudnya adalah mereka mencari pasar seluas - luasnya, agar peluang mendapatkan pelanggannya terbuka lebar. Menurut saya itu memang hal yang wajar dilakukan tahun - tahun kebelakang karena memang pesaing mereka cuma sedikit. Bandingkan dengan sekarang, jika tetap hanya memakai cara market share, maka penjualan tidak akan berhasil karena perusahaan lain mempunyai cara yang lebih jitu. Maka dari itu ada CRM yang fokus utamanya adalah bagaimana cara kita mempunyai pelanggan yang loyal. Pelanggan sedikit tidak apa - apa, yang penting mereka loyal terhadap kita.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem ini. Contoh paling dekat saja adalah indomaret. Mereka mempunyai program indomaret card, dimana dengan membayar 10 ribu, kita bisa mempunyai kartunya yang memiliki banyak keuntungan, seperti diskon khusus pemilik kartu dan lain sebagainya. Itu adalah salah satu cara agar pelanggan kembali ke toko kita.

Yang kedua adalah SCM. Di posting dahulu sudah dibahas tentang SCM, yaitu tentang alur distribusi bahan dan barang dari hulu ke hilir. Kata kunci dari SCM adalah pengadaan, perpindahan, dan penyimpanan. Kenapa perlu berpindah ? karena daerah asal bahan mentah tidak membutuhkan produk yang akan diproduksi, toh daerah mereka merupakan sumbernya. Jadi yang membutuhkan adalah orang - orang yang tinggalnya jauh dari daerah hulu, sehingga perlu diadakan perpindahan. Dalam SCM ini terjadi perpindahan nilai juga. Selain itu ada biaya - biaya juga yang jika tidak diteliti maka tidak terlihat, seperti biaya penyimpanan barang. Oke, mungkin ini yang bisa saya tulis. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge