18 April 2013

Pertemuan 20 PSI


Pertemuan hari ini diisi oleh pak Arif lagi, dan merupakan pertemuan kedua. Materi yang dibawakan hampir sama dengan materi yang kemarin, yaitu tentang management information systems (MIS). Yang pertama dibahas adalah tentang hal - hal yang tidak bisa diterapkan MIS, yaitu organisasi bisnis yang dengan enterprise systems saja sudah bisa hidup dan mengatur semua kegiatannya. Sebagai contoh industri kreatif seperti cetak kaos, cetak jaket. Mereka tetap melakukan transaksi dengan pelanggan, namun bukan barang yang sama yang mereka produksi, sehingga tidak rutin dan menunggu pesanan dan masih ada proses bisnis disana. Pembahasan selanjutnya adalah tentang perbedaan MIS dan IS computer science. MIS lebih ke flownya, dan ada people serta procedure di dalamnya.

 Pembahasan selanjutnya adalah tentang report. Sebagai orang SI, kompetensi yang bisa diterapkan ketika kita sudah ada di dunia kerja adalah sebagai orang yang membuat report atau laporan. Tetapi bukan laporan sembarangan yang kita buat. Report yang kita buat adalah report yang mempunyai data sangat banyak dan excel pun tidak bisa mengolah data sebanyak itu. Datanya pun bukan hanya sekedar sorting, count, dan sejenisnya, melainkan jutaan data dari berbagai konsumen dan berbagai kriteria. Sehingga tidak ada fasilitas dari excel yang bisa mengolahnya. Report itu selalu berhubungan dengan user, beda user beda report. Bisa dibayangkan berapa banyak report yang diolah oleh perusahaan multinasional. MIS juga mempunyai output. Waktu membahas ini saya tidak terlalu paham karena bahasa yang digunakan agak rumit,hehehe.

Ohya, ada satu lagi yang menjadi kata kunci dalam pertemuan ini, semua yang berhubungan dengan IT di dalam organisasi itu hanya bisa membuat proses lebih cepat, lebih detail, dan lebih akurat. IT tidak bisa membuat suatu permasalahan menjadi benar, karena yang menentukan adalah manusia seperti yang saya tuliskan di posting sebelumnya. Lalu pertanyaan terakhir, ketika apa MIS tidak bisa diterapkan ? jawabannya bisa terlihat di kalimat - kalimat di atas, yaitu ketika tidak ada human resource, ketika tidak ada perangkat IT, dan beberapa lain yang saya lupa apa saja jawabannya,hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge