29 April 2013

Pertemuan 23 PSI


Hari ini adalah hari ganjil, sehingga kuliah dilangsungkan di kelas alias bukan praktikum,hehehe. Materi yang dibahas adalah tentang KMS atau kepanjangannya Knowledge Management Systems. Ini adalah strata tertinggi dalam segitiga sistem informasi yang menjadi kunci utama mata kuliah Pengantar Sistem Informasi. Di awal - awal posting terdahulu, saya sempat menulis urutan dari kumpulan - kumpulan. Kumpulan dari data adalah informasi, kumpulan dari informasi adalah pengetahuan, dan setelah pengetahuan ada wisdom, saya tidak tahu itu kumpulan dari pengetahuan atau apa. Sehingga knowledge atau pengetahuan ini mempunyai peran yang sangat penting. Pak Arif banyak bercerita tentang knowledge ini.

Salah satu ceritanya adalah saat ini pembahasan tentang knowledge masih belum ada titik terang di dunia. Belum ada pengetahuan pasti tentang ilmu ini, apalagi tentang wisdom. Wisdom ini bisa digambarkan seperti ini :
ada sebuah knowledge bahwa jika bahan persediaan makanan di perusahaan X akan habis dalam 5 hari, maka yang harus dilakukan adalah membeli barang di agen A. Pekerjaan ini dilakukan selama bertahun tahun dan tanpa berubah.

Masalahnya sekarang dunia semakin lama bukannya semakin menetap malah semakin dinamis. Tidak ada sesuatu yang pasti. Lha kalau tidak ada yang menetap, bagaimana bisa dibentuk wisdom, maka dari itu wisdom masih belum terlalu banyak dibicarakan. Sebenarnya waktu pak Arif bercerita tentang ini saya setengah mengerti setengah tidak,hehehe. Kata pak Arif Knowledge System sudah mulai berkembang di dunia yang berteknologi maju, padahal di Indonesia sistem informasi saja masih agak awam apalagi sistem pengetahuan,hehehe. Dalam bayangan saya beberapa tahun ke depan saya berkunjung ke universitas dan melihat ada jurusan baru, yaitu JSP (Jurusan Sistem Pengetahuan),hehehe.

Mungkin itu saja yang bisa saya ceritakan, saya lagi malas bercerita tentang kuliah. Saya lebih suka mendengarkan cerita - cerita dari pak Arif yang belum saya tahu, apalagi tentang teknologi. Oke sekian, sekarang saatnya mengerjakan tugas PSI, ada banyak maak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge