27 Mei 2013

Backup Day


Beberapa hari yang lalu saya mengantar teman mencetak banner di salah satu tempat percetakan dekat kampus. Karena menunggu cukup lama, saya menjadi memerhatikan sekitar. Sesaat kemudian mata saya tertuju kepada satu poster yang ditempel bertuliskan backup day 2013. Karena saya penasaran, saya baca poster tersebut. Setelah membaca, saya baru tahu bahwa tanggal 31 maret kemarin ditetapkan sebagai hari backup sedunia. Maksudnya? Karena saat ini banyak orang yang mengalami data itu lebih penting daripada alat penyimpannya, dan alat penyimpan data itu mudah rusak atau hilang, maka data harus di backup atau di simpan juga di alat yang lain. Sehingga nantinya kita mempunyai minimal 2 tempat penyimpanan data, yang pertama adalah yang kita pakai sehari - hari, yang selanjutnya adalah sebagai cadangan kita dan harus disimpan di tempat yang berbeda dengan yang kita pakai sehari - hari.

Setelah membaca poster itu saya cukup tersentil karena saya mengalaminya seminggu yang lalu. Waktu itu laptop saya jatuh dari kursi dan saat saya restart tidak mau masuk ke operating system nya. Akhirnya saya bawa ke tempat service dan mereka bilang harddisk saya bad sector. Kata mereka sih datanya kayaknya gak hilang, tapi tetap saja saya takut kalau data saya hilang. Bagaimana nasib tugas - tugas saya yang ada di laptop itu,hmmm. Saat saya menulis posting ini laptop saya belum selesai di perbaiki dan saya memakai laptop adik saya. Mudah - mudahan saja datanya tidak hilang. Saya mengalami sendiri bahwa data seringkali lebih penting daripada tempat menyimpannya.

Karena kesibukan saya, saya jadi tidak pernah backup data saya ke harddisk eksternal. Mungkin setelah kejadian ini saya akan sering - sering backup data saya, minimal 1 minggu sekali. Malah teman saya pernah bercerita kalau ada seorang akademisi yang sedang melakukan riset dalam waktu yang lama kehilangan laptopnya, padahal di dalam laptop itu ada semua data - data riset dia. Akhirnya dia mengumumkan sayembara bahwa barangsiapa yang menemukan laptop itu dan mengembalikan DATA nya, maka dia akan mendapatkan uang dalam jumlah yang sangat besar. Jadi yang orang itu pentingkan bukan laptopnya, melainkan datanya. Itulah mengapa backup menjadi sangat penting, apalagi saat ini semua kegiatan manusia dilakukan dengan komputer sehingga data menjadi sangat penting. So, backup datamu sebelum kamu menyesal nantinya.

Sumber gambar :
http://www.fadlie.web.id/wp-content/uploads/worldbackupday_2013_en_horizontal.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge