30 Mei 2013

The Civic Cloud: Konsep Baru Tentang Cloud Computing

Artikel ini saya ambil dari tugas saya pada mata kuliah PSI. Karena menurut saya cukup menarik, maka saya jadikan artikel tersendiri. Saya me review artikel ini dari computer.org , dari situlah saya baru tahu bahwa ada yang namanya civic cloud ini. selama ini yang saya tahu ya public cloud karena sangat dekat dengan kita. Aplikasi yang mendukung civic cloud ini adalah Accela.  Manfaat dari Accela ini adalah meningkatkan hubungan terikat antara masyarakat dengan pemerintah dalam sebuah sistem cloud atau penyimpanan dunia maya. Ini merupakan terobosan baru yang belum pernah ada sebelumnya dan mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengubah gaya hidup orang - orang, khususnya dalam kehidupan perkotaan.

 Lalu apakah perbedaan dengan sistem cloud yang lain? berikut penjelasannya:
Perbedaan public cloud, private cloud, dan civic cloud?
a.Public = bebas digunakan oleh siapa saja, biasanya untuk penyimpanan data yang diperuntukkan orang lain
b.Private = hanya bisa dipakai untuk sendiri
c.Civic = mempunyai tujuan tertentu, civic tidak masuk public karena untuk menggunakannya harus log in terlebih dahulu dan hanya penduduk kota tersebut yang bisa. Tidak masuk private karena meskipun log in, tetapi ini bisa digunakan untuk lebih dari satu akun dengan username yang berbeda
Setelah itu kita akan membahas tentang manfaat atau contoh nyatanya agar mudah dipahami. Berikut contohnya :


•Untuk mengurus izin pembangunan gedung, tidak perlu datang ke berbagai kantor, cukup membuka aplikasi dari HP atau komputer, maka kita bisa mengajukan.

•Jika ada keluhan tentang jalan yang bolong, langsung saja buka aplikasi dan buka menu untuk keluhan. Menu ini ditunjang dengan ditampilkannya peta layaknya google maps.

•Dua faktor utama dalam dunia bisnis, uang dan waktu, bisa lebih efektif dan efisien jika menggunakan ini karena tidak perlu mengantri dan tidak bisa korupsi karena sudah masuk dalam sistem.
    
Jadi aplikasi ini sangat bermafaat karena kota tersebut menjadi sangat transparan. Ambil contoh sekarang di Indonesia jika ingin mendirikan usaha harus berurusan dengan berbagai kantor dan kita harus datang langsung. Sedangkan jika ada aplikasi ini, cukup lewat HP maka semua menjadi mudah. Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan. Jika masih penasaran cari saja di google akan banyak muncul, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge