27 Juni 2013

Cinta Tak Butuh Pengorbanan?


Ketika saya lagi melihat - lihat video bersama teman saya di youtube, saya iseng - iseng buka video Sujiwo Tejo waktu menjadi pembicara di TEDx Bandung. Saat itu beliau sedang berbicara tentang matematika sebagai bahasa. Ada satu kata - kata dari beliau yang membuat saya tersenyum sendiri. Kata - katanya lebih kurang seperti ini, "Cinta tak butuh pengorbanan. Saat kamu merasa berkorban, saat itulah cintamu mulai pudar". Kata ini sangat mengena sekali di telinga saya. Selama ini yang saya dengar adalah cinta butuh pengorbanan dan saya meng iyakan saja kalimat tersebut. Selama ini saya berpikir bahwa jika kita mencintai sesuatu pasti ada hal lain yang harus dikorbankan, seperti waktu untuk bersama teman - teman kita dan sebagainya.  Karena ibarat waktu 1 hari yang 24 jam, kita tidak bisa menambah waktu dalam satu hari tetapi kegiatan kita bertambah, otomatis ada waktu lain yang dikorbankan.

Tetapi jika kita melihat kata - kata sujiwo tejo, kita bisa berkata bahwa cinta memang tidak butuh pengorbanan. Mengapa bisa begitu? ini diambil dari sisi dalam diri manusia. Jika manusia itu merasa bahwa dirinya berkorban untuk orang lain, biasanya orang itu sudah menggunakan proses berpikir, bukan lagi memakai hati. Nah, jika sudah sampai proses berpikir, ada unsur logika yang masuk disana, dan itu kadang bertolak belakang dengan cinta. Sama seperti ketika kita mengantar orang yang kita cintai lalu kita merasa rugi mengantarnya karena bensin kita berkurang banyak, maka ada rasa keterpaksaan disana. Coba kalau tidak memakai pemikiran, kita tidak akan berpikir tentang rugi yang bakal kita dapat.

Kesimpulan yang bisa saya ambil adalah tidak ada yang salah dalam 2 kata di atas. Keduanya benar karena memang diambil dari sisi yang berbeda. Pesan yang bisa kita ambil adalah jangan melihat sebuah hal atau masalah dari satu sisi saja, lihatlah dari semua sisi yang mungkin, karena dari situlah kita bisa mengambil keputusan dengan bijak.

Sumber gambar: http://weknowyourdreams.com/images/love/love-07.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge