10 Juli 2013

Benteng Fort Rotterdam: Benteng Unik Berbentuk Penyu



"aba kareba ? selamat datang di kota anging mammiri"
itulah kata kata paling terkenal di kota terbesar di pulau Sulawesi, Makassar. Kali ini saya akan bercerita tentang wisata saya di kota yang sedang cepat berkembang ini. Saya berwisata ke kota ini bersama keluarga besar saya. Pesawat yang membawa kami berangkat pagi sekali,sekitar pukul 6 pagi, sehingga setelah pesawat mendarat kami langsung berwisata di Makassar. Setelah dijemput oleh travel, kami langsung meluncur ke benteng fort rotterdam, salah satu tempat wisata paling terkenal disini. Dalam perjalanan kami dijelaskan oleh tour guide serba serbi tentang Makassar. Dan saya kaget ketika tahu bahwa pelabuhan Makassar berada di daerah perkotaan. Biasanya kan pelabuhan mempunyai area khusus dimana truck berukuran jumbo berlalu lalang. Disini kita bisa melihat pelabuhan dari jalan besar Makassar.






Jadi selama di jalan dekat pelabuhan, ketika saya melihat ke kiri akan melihat pusat hiburan seperti cafe, tempat karaoke, dan restoran. Ketika melihat ke kanan akan melihat kontainer- kontainer besar. Kota Makassar adalah kota yang menghadap ke barat, sehingga cocok untuk wisatawan yang melihat sunset. Di dalam benteng terdapat museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah provinsi Sulawesi Selatan. Mulai dari masa awal - awal terbentuk peradaban. Ada 4 suku besar yang mendominasi provinsi ini. Lalu yang terkenal dari Sulawesi Selatan adalah perahu pinisinya karena berhasil mengarungi samudra pada jaman dulu hanya berbekal angin. Benteng ini terawat dengan baik sehingga pengunjung nyaman ketika berjalan - jalan disini.







Saat saya kesini sedang diadakan festival internasional, jadi benteng ini juga dipakai sebagai tempat - tempat festival. Di dalam benteng juga ada pelukis dari tanah liat, karyanya pun dijual. Lukisannya seputar hal - hal menarik yang ada di Sulawesi Selatan.Di tembok benteng bagian luar terlihat lubang  - lubang kecil namun banyak, saya kira itu terkikis oleh angin atau air, tenyata itu bekas tembakan peluru. Jika dilihat dari atas benteng ini akan terlihat seperti penyu yang menghadap ke laut, unik juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge