10 Juli 2013

Taman Nasional Bantimurung: Perpaduan Kupu - Kupu dan Air Terjun yang Indah




Ini adalah hari terakhir saya di Makassar. Tempat wisata yang dituju pun hanya satu, yaitu air terjun bantimurung. Daerah wisata ini terletak di kabupaten Maros, agak jauh dari kota Makassar. Selain air terjun, bantimurung juga terkenal dengan kupu - kupunya. Kawasan wisata ini terletak di kawasan gunung karst, yaitu semacam bukit yang dahulunya adalah dasar laut. Batu - batuan yang terkandung di dalamnya bisa dibuat semen. Di tempat parkir banyak terdapat penjual hiasan dari kupu - kupu yang telah diawetkan.






Air terjun ini tidak langsung mengarah ke bawah, namun agak landai. Sehingga pengunjung bisa bermain perosotan alami disini, sepertinya seru. Ketika melihat sekitar, saya jarang menemukan kupu - kupu. Padahal bayangan saya tempat ini akan penuh dengan kupu - kupu. Mungkin kupu - kupu sudah mulai habis gara - gara dibuat souvenir oleh penduduk sekitar. Setelah ke air terjunnya, kami ke tempat penangkaran kupu - kupu dan museum kupu - kupu. Tempat penangkarandan museum ini tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan, sepertinya mereka lebih tertarik bermain perosotan dan piknik. Disini kita bisa membuat kupu - kupu hinggap di tangan kita dengan bantuan bunga. Sayangnya saya selalu gagal,hmmm.




Setelah dari bantimurung, kami makan siang dan langsung menuju bandara. Saat datang saya hanya melihat keindahan eksterior bandara karena tempat kedatangan biasa saja. Namun saat keberangkatan, baru terlihat megahnya bandara ini. Atap yang tinggi dan dinding kaca membuat bandara ini terlihat mewah dan luas sekali. Ada replika pinisi yang cukup besar di hall utama terminal keberangkatan. Saya jadi ingat bandara KLIA kalau melihat bandara ini, indah sekali. Wisata kali ini pun berakhir. Saya tidak akan melupakan perjalanan saya di kota penghubung Indonesia timur ini. Selamat jalan Makassar, sampai jumpa lain waktu ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge