26 Juli 2013

Optical Mouse vs Laser Mouse


Sebelumnya, karena posting ini saya tulis saat bulan Ramadhan, saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang sedang menjalankan, semoga ibadah kita diterima. Oke, saat ini saya akan membahas tentang mouse. Jaman dahulu kala ketika CPU komputer masih berwarna putih, mouse nya pun kebanyakan juga berwarna putih. Ketika dibalik maka akan ditemukan sebuah benda bola yang bisa bergerak - gerak. Dari situ kita bisa tahu bahwa teknologi pada jaman itu adalah menggunakan konsep mekanik, teknologi yang masih bisa saya bayangkan karena jika bola bergerak tentu saja kursor bisa bergerak.


Setelah itu muncul mouse teknologi baru, yaitu menggunakan teknologi optical. Bola yang tadinya ada sekarang hilang dan digantikan dengan sinar berwarna merah. Mouse pun semakin ringan dan penuh cahaya. Sayangnya mouse jenis ini memiliki kelemahan, yaitu tidak bisa digunakan di alas kaca, karena tentu saja cahaya akan tembus kaca ketika digerakkan, padahal tujuan adanya cahaya merah itu agar dipantulkan kembali. Padahal ketika memakai mouse yang berbentuk lingkaran masih bisa di berbagai alas. Sejak itu mulai bermunculan alas mouse yang dijual terpisah dengan berbagai bentuk dan konsep.

Nah, sekarang, sudah banyak dijual di pasaran mouse laser. Cara membedakannya pun cukup mudah, yaitu jika dilihat baliknya tidak ditemukan adanya cahaya, seolah - olah mouse ini mati, padahal ketika dipakai maka bisa berjalan normal. Mouse ini menutupi kekurangan dari optical mouse yang tidak bisa dipakai di atas kaca, laser mouse ini bisa dipakai di segala macam alas, kaca sekalipun. Saya tidak tahu bagaimana proses laser bisa memantul di atas kaca, yang pasti jenis sinar yang dipakai berbeda dengan yang ada di optical mouse.

Dari segi harga, memang laser mouse masih lebih mahal daripada optical mouse. Tetapi bagi kita yang mempunyai mobilitas tinggi, sepertinya harga yang ditawarkan tidak masalah karena memang kebutuhan kita lebih penting daripada harga yang tidak terpaut jauh. Bagi seorang gamer pun laser mouse menjadi mouse idaman karena mempunyai tingkat sensitifitas yang tinggi. Memang semakin lama maka teknologi yang ada semakin tinggi. Sekarang sudah ada teknologi layar sentuh, tetapi masih belum bisa mengalahkan teknologi mouse, entah tahun kedepan.

sumber gambar : http://www.microsoft.com/presspass/images/gallery/hardware/WLM6000_web.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge