20 Juli 2013

Souvenir Destinasi Wisata

lampu dari karimunjawa

Setiap kota selalu memiliki ciri khas, entah itu budaya, monumen, atau makanan. Semenjak suka travelling, saya menjadi suka mengoleksi souvenir yang menunjukkan identitas tempat saya berwisata. Berikut koleksi pajangan saya sampai saat ini :

Karimunjawa



Bicara Karimunjawa pasti yang terbayang adalah pantai yang indah. Maka dari itu souvenir darisini adalah lampu tidur yang terbuat dari benda lautan yang cantik. Saya membelinya waktu itu tidak sampai 100 ribu, ketika sampai di Jawa dan ada barang sejenis, dijual dengan harga berkali kali lipat. Biasanya kalau tempatnya terpencil harganya makin mahal, disini malah tidak.


Bandung
Siapa yang tidak tahu tempat ini ? Boscha adalah salah satu icon Bandung. Disini kita bisa mendapatkan pengetahuan tentang antariksa.

Bali

Tahu ini patung apa ? ya ini adalah patung Garuda Wisnu Kencana atau biasa disingkat GWK. Saat saya SD dan berkunjung ke kompleks GWK, diceritakan oleh pemandu wisatanya bahwa akan dibangun patung super besar seperti ini, namun saat itu yang jadi masih kepalanya saja. Tetapi ketika 5 tahun kemudian saya berkunjung kesini, tetap saja tidak ada perubahan. Apakah benar GWK akan dibangun seperti ini ?


Yogyakarta

Sebenarnya Candi Borobudur ini berada di Jawa Tengah, namun karena sudah identik dengan kota wisata Yogyakarta, maka seringkali Borobudur dianggap menjadi satu kesatuan dengan pariwisata di Yogyakarta.


Kuala Lumpur

Wisata tidak harus tentang budaya, buktinya di Malaysia, tepatnya di Kuala lumpur tempat wisatanya adalah sebuah gedung modern. Salah satu bangunan tertinggi di dunia ini menjadi icon Malaysia, yang memiliki menara ini adalah Petronas, sebuah perusahaan migas, kapan Pertamina menyaingi adiknya ini ya.


Singapura

Negara kecil ini terkenal dengan patung singanya. Ke Singapura tetapi tidak ke tempat patung singa berada sama seperti makan sayur tanpa garam, kurang lengkap.


Jakarta
 Monas adalah icon Indonesia, tetapi tidak semua orang Indonesia pernah ke Monas. Monas tidak hanya menara, di dalamnya terdapat museum sejarah Indonesia, cocok untuk mempelajari apa yang telah pahlawan kita lakukan dahulu.

Lombok
 Di lombok tidak ada monumen yang khas, saat di toko oleh - oleh saya bingung ingin membeli apa, yang paling menarik ya asbak berbentuk pulau lombok ini.

Makassar
 Tahu ini kapal apa ? ini adalah kapal pinisi. Makassar terkenal akan kapal pinisi karena nenek moyang disini adalah seorang pelaut sejati. Pada masa kejayaannya dulu, cuma kapal ini yang bisa melewati samudra.

Belitung
 Sama seperti lombok, di belitung tidak ada monumen yang khas. Sebenarnya ada, yaitu monumen batu satam, tetapi saat di toko oleh - oleh saya tidak menemukan miniatur monumen batu satam, jadinya saya membeli pajangan berbentuk pulau Belitung.

Palembang

Jembatan Ampera dan Palembang tidak bisa dipisahkan. Mulai dari gambar promosi wisata, gambar di kaos oleh - oleh, sampai pajangan pun tentang jembatan ampera.

Bangka

 Pulau bangka terkenal akan timahnya. Jadi souvenir disini adalah berbagai macam pernik dari timah, seperti kerajinan perak di Gunung Kidul Yogyakarta. Karena mahal, saya membeli kerajinan timah yang berukuran kecil berbentuk gantungan kunci. Bentuk dari gantungan kunci ini adalah balok timah yang dijual oleh perusahaan timah.

Sebenarnya masih banyak tempat yang saya kunjungi, tetapi saya tidak menemukan souvenir khas dari tempat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge