25 Agustus 2013

Kenjeran Park: Ada Pagoda Besar dan Patung Budha 4 Wajah Disini



Apa yang terpikir ketika mendengar kata kenjeran ? kebanyakan pasti akan menjawab pantai atau laut. Jawaban itu memang tidak salah karena sejak lama kenjeran memang terkenal dengan pantainya. Tetapi baru - baru ini ternyata ada sebuah wahana baru di kenjeran, namanya kenjeran park atau biasa disingkat kenpark. Kenpark bukanlah pengubahan kenjeran lama menjadi kenjeran park, tetapi membangun baru di daerah yang dulu saya tidak tahu berupa apa. Konsep yang dibawa pun berbeda dengan kenjeran yang selama ini kita kenal, sehingga tidak mematikan usaha kenjeran lama.







Tarif untuk mobil masuk adalah 10 ribu berlaku untuk 2 penumpang, kalau penumpangnya 3, ditambah 4 ribu menjadi 14 ribu dan berlaku seterusnya. Karena masih tergolong baru, saat tiba di kanan - kiri jalan masuk terhampar tanah luas yang belum dibangun. Mungkin tanah - tanah luas itu merupakan sirkuit kenjeran, saya tidak tahu. Jalanan yang luas membuat lega pengguna jalan dan bisa digunakan untuk kegiatan otomotif, buktinya saya disambut dengan atraksi slalom saat tiba tadi. Sepertinya slalom yang saya lihat dalam rangka latihan, karena hanya terpasang tali rafia sebagai batas dan tidak ada sound system. Untuk latihan saja sudah membutuhkan banyak resource ya. Setelah puas melihat slalom, kami pun masuk ke dalam kawasan.







Di dalam kawasan terdapat pusat jajanan Surabaya yang terkenal dengan nama kya kya. Setahu saya kya kya ini adanya di daerah Surabaya yang lain, bukan disini. Entah yang disini itu meniru atau pindahan dari sana, bisa dicari di google. Tujuan pertama kami adalah pagoda yang ada di salah satu sudut kawasan. Ketika dilihat dari dekat di dalam pagoda ini seperti digunakan untuk ruang pertemuan, sayangnya seperti tidak terawat, padahal bangunannya sangat megah. Di sekitar pagoda terdapat taman yang bisa digunakan untuk bersantai. Tetapi di bagian tengah - tengah tidak ada taman, jadi sangat panas ketika siang.







Setelah dari pagoda kami melanjutkan ke patung Budha 4 wajah. Jaraknya dekat dengan pagoda, jadi bagi yang ingin sekalian jalan sehat, bisa dilakukan dengan berjalan kaki. Disini sebenarnya untuk tempat ibadah, tetapi juga bisa jadi tempat wisata, setidaknya untuk berfoto. Patung ini katanya mirip sama yang ada di Thailand dan sudah mendapatkan rekor MURI, keren sekali ya. Selain ada patung besar ini, juga ada patung kecil berbentuk gajah di sisi kanan patung Budha 4 wajah. Tepat di depan kompleks patung ini terdapat vihara yang digunakan untuk ibadah. Oke, setelah puas, kami pun keluar dari kenjeran park dan mengakhiri perjalanan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge