17 Agustus 2013

Sistem Informasi bukan S.Kom tapi S.SI


"kuliah dimana ?"
"sistem informasi"
"ooh, informatika"
Ya seperti itulah yang sering saya alami ketika ngobrol dengan kolega, terutama yang sudah lama tidak kuliah, alias udah bekerja. Di jaman orang tua kita kuliah dulu tidak ada jurusan Sistem Informasi, tahunya ada jurusan komputer, syukur - syukur tahu kalau istilahnya informatika. Semakin berkembangnya zaman maka semakin banyak pula jumlah manusia di Bumi yang tidak bertambah besar ini. Karena manusia semakin banyak semakin banyak pula hal - hal baru yang muncul di Bumi, salah satunya ilmu pengetahuan baru. Ilmu pengetahuan baru ini merupakan perkembangan dari ilmu pengetahuan yang sudah ada, karena kebutuhan masyarakat semakin bertambah maka muncullah yang baru - baru ini. Salah satu jurusan yang tergolong baru adalah sistem informasi.

Saat awal berdiri dulu, semua jurusan yang berhubungan dengan komputer diberi gelar S.Kom atau sarjana komputer. Karena saat itu yang kita tahu semua yang berhubungan dengan komputer terlihat sama. Padahal bagi kita yang menjalani merasa bahwa materi yang kita dapat berbeda meskipun ada yang sama. Kemampuan yang kami miliki pun berbeda dengan yang dimiliki jurusan informatika. Semakin berjalannya waktu, jurusan sistem informasi semakin banyak berdiri di berbagai lembaga pendidikan. Mungkin karena itu, pihak yang berwenang membuat aturan baru tentang pemberian gelar, salah satu yang diubah adalah di bidang komputer.

Ternyata setelah saya lihat gelar dari bidang sistem informasi ini adalah S.SI, bukanlah S.Kom yang ada selama ini. Peraturan ini sudah ada sejak 2010, cukup lama. Mudah - mudahan dunia kerja sudah memahaminya karena ketika akan melamar pekerjaan biasanya kita dianggap sebagai lulusan teknik informatika dan kemampuannya dianggap sama dengan mereka, padahal kita berbeda.

Berikut adalah lampiran peraturannya :
download 

2 komentar:

  1. Ehm..
    Aku kira barusan, ternyata sudah mulai tahun 2010..
    Terima kasih atas informasinya!

    BalasHapus

badge