07 Agustus 2013

Youtube dan Vimeo



Dengan semakin baiknya jaringan di Indonesia, maka layanan internet yang diterima oleh masyarakat pun semakin baik. Dalam beberapa tahun, ada banyak operator baru bermunculan dan semakin menambah persaingan usaha di bidang telekomunikasi. Konsumen pun diuntungkan dengan semakin murah dan baiknya layanan operator karena mereka ingin menggaet sebanyak mungkin konsumen. Kebiasaan masyarakat pun juga semakin berkembang, yang dulunya hanya sanggup mengakses jejaring sosial dengan kecepatan yang disediakan, sekarang mengakses website berbasis video pun mulai digemari. Hal ini dikarenakan kecepatan yang diterima oleh pengguna sudah cukup baik untuk buffer video. Hal ini dilirik oleh media televisi untuk membuat semacam kuis yang mengharuskan pesertanya untuk upload video ke internet, hal yang susah dilakukan beberapa tahun yang lalu. Pesertanya pun sangat banyak, menandakan bahwa sudah banyak sekali orang Indonesia yang bisa menikmati internet dengan kecepatan yang tinggi. Ada berbagai macam penyedia layanan video di internet, salah dua nya yang paling terkenal adalah youtube dan vimeo.

Mungkin banyak dari kita yang sudah mendengar youtube, tapi belum banyak yang mendengar vimeo. Youtube sangat familiar di dunia internet, sefamiliar pemiliknya, google. Ada berbagai macam video disini, berbagai macam kualitas, berbagai macam negara, ibarat toko youtube adalah sebuah TOSERBA, toko serba ada. Jika ingin mengupload video ke youtube kita harus memiliki akun di google, dengan kata lain kita harus mempunyai email di gmail. Setelah itu kita pun bebas untuk download dan upload video disini. Banyak sekali public figur yang memanfaatkan youtube untuk mendongkrak ketenaran, sebut saja sinta jojo beberapa tahun yang lalu, atau yang lagi tenar PSY dengan gangnam style nya yang memecahkan rekor dunia dengan penonton youtube terbanyak sepanjang masa. Youtube sudah memiliki pengaruh yang besar di dunia, Indonesia salah satunya. Sejalan dengan ketenarannya, konten konten yang ada di dalam youtube pun banyak yang bagus, banyak juga yang jelek. Pihak youtube tidak mungkin menyeleksi berbagai konten tersebut, selama tidak melanggar aturan yang berlaku.

Saya tahu vimeo sejak saya masih SMP, tapi saat itu saya tidak pernah melihat video di vimeo karena konten yang saya pikir terbatas. Tetapi semakin lama, semakin sering saya search berbagai jenis video di youtube, semakin bosan pula saya dengan isi video yang ada di youtube. Video video yang berkualitas hanya yang berasal dari akun resmi public figur, media, atau perusahaan. Selebihnya hanya semacam video dokumenter. Saya yakin banyak video independen yang bagus, tetapi sulit dicari karena terlalu banyak video yang beredar di youtube. Lalu beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke teman saya dan melihat lihat video yang dia punya, saya lihat kualitasnya bagus - bagus dan mempunyai isi yang bernilai, saya tanya dia ternyata video video itu dia dapat dari vimeo.

Saya pun mencoba membuka vimeo dan diminta untuk register dulu, cukup mudah karena mendaftar pakai facebook bisa. Vimeo belum terlalu banyak penghuni, penghuni nya pun merupakan editor video yang berkualitas, terbukti akan video video yang ditayangkan. Saya tidak tahu di vimeo ada akun resmi public figur atau tidak, tapi saya rasa vimeo sudah mempunyai pasar sendiri. Orang - orang yang sudah bosan menonton video di youtube bisa saja beralih ke vimeo karena menyediakan video yang berbeda. Banyak video animasi independen yang berkualitas bagus disini, ada juga video dokumenter yang ditata sedemikian apik hingga enak ditonton. Jadi bagi anda yang ingin mencari referensi lain tentang video, bisa dicoba membuka vimeo.

sumber gambar: http://blogs.oregonstate.edu/instructionaldesign/files/2011/03/YouTube-vs-Vimeo.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge