31 Desember 2013

Gunung Kelud: Misteri Jalan Anti Gravitasi sampai Pemandangan Indah di Puncaknya

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata kediri ? kalo pernah dapet oleh - oleh pasti memikirkan tahu, kalo pernah dateng kesini pasti memikirkan simpang lima gumul, kalo pecinta alam pasti memikirkan gunung kelud, kalau suka sejarah pasti memikirkan kerajaan kediri. Ya, semua itu ada di Kediri, sebuah daerah di Jawa Timur yang sudah mulai berkembang menjadi kota besar. Ada banyak tempat yang biasa dikunjungi disini, tetapi karena saya hanya mempunyai waktu sehari saja, tujuan utama saya hanya mengunjungi 2 tempat yang ketika dicari di google muncul pada gambar paling atas, yaitu gunung kelud dan simpang lima gumul.

Saya berangkat dari Surabaya sekitar pukul 02.30 dinihari, karena tidak ingin terkena macet di jalan dan akan menjemput teman saya dulu di Mojokerto. Karena teman saya bangun sekitar jam 4, maka kami baru berangkat dari mojokerto sekitar jam 5 pagi. Dengan mengandalkan google maps, kami pun menjelajahi jalanan menuju gunung kelud. Rute yang kami lewati adalah melewati jombang lalu kertosono, setelah itu lewat jalan yang ke arah Kediri dan sebelum masuk daerah kota ada jalan yang menuju ke Pare. Dari Pare kami sempat salah jalan ke arah rumah - rumah warga gara - gara google maps mencari jalan tercepat, padahal jalan itu harus melewati jalan yang beralaskan aspal berlubang.

Akhirnya setelah saya tanya kepada warga sekitar kami kembali ke jalan semula, yaitu jalan menuju wates. Dari wates sudah dekat untuk menuju ke gunung kelud. Saya kira jalan ke daerah gunung ini sempit dan jelek, ternyata jalannya lebar dan mulus, layaknya jalan antar kota, super sekali. Setelah melewati pintu masuk utama, kami masih harus melanjutkan perjalanan sekitar 8 km untuk sampai di parkiran utama. Kalau bus sih harus parkir di gerbang utama karena jalannya curam, jadi penumpangnya nanti naik sejenis mobil wisata gitu. Sepanjang perjalanan 8 km ini kami disuguhkan dengan pemandangan luar biasa dari atas pegunungan ini. Niat banget orang yang bikin jalan ini, melewati gunung - gunung bro. Indonesia memang luar biasa.

Karena kami tiba di pagi hari, kami masih bisa menikmati tempat ini dengan nyaman dan tentram karena masih sepi, jadi bagi temen - temen yang pingin menikmati tempat wisata dengan nyaman dan tentram saya sarankan berangkat super pagi, kalau pagi hampir pasti cuacanya cerah, untuk mendapatkan lebih harus ada yang dikorbankan bro, yaitu waktu tidur kalian. Ternyata untuk sampai di gardu pandang yang ada di atas bukit sana harus naik tangga yang curam dan panjang, kaki saya sampai pegel - pegel, sumpah. Jadi dari sini kalian bakalan dapet pemandangan yang bagus banget karena ada di titik tertinggi gunung kelud. Selain gardu pandang kalian juga bisa ke pemandian air panas atau mendekat ke baby kelud yang baru lahir itu.

Oke, menikmati kelud selesai, kami sarapan dahulu di dekat parkiran, lalu kami pun langsung pergi turun ke rumah teman kami. Sebelum itu kami mencoba jalan misteri yang ada di jalan 8 km antara parkiran dan gerbang masuk itu, disini jalannya itu agak naik, tetapi kalau mobil kita berhenti dalam kondisi gigi netral, jika rem dilepas maka mobil akan maju dengan sendirinya, ajaib !