15 Januari 2014

Kegiatan Maulid Nabi yang Dilakukan Saat SD


Pagi - pagi lihat kalender ternyata tanggal merah, ternyata hari ini Maulid Nabi,Subhanallah. Sebenarnya saya telat sehari posting tentang maulid nabi ini, tetapi tak apalah. Kalau udah kuliah gini tanggal merah itu tak terasa merahnya, tetep aja pergi ke kampus, ngerjain tugas, ya begitulah. Berbeda dengan saat saya masih SD dulu, sepertinya banyak banget kegiatan menyenangkan yang saya lakukan saat itu. Setelah mengingat - ingat, ada beberapa hal asik yang dilakukan saat maulid nabi ketika SD.

Tukar Kue

Ini yang paling ditunggu - tunggu sama anak SD seantero Indonesia, acara tukar kue, hehehe. Jadi malam sebelum hari H tuh saya biasanya pesen kue dulu ke ibu - ibu jual kue biar besok paginya disiapin kue buat saya bawa ke sekolah. Tak ada batasan buat bawa kue, tapi waktu itu belum ada brownies amanda, jadinya ya temen - temen bawa kue - kue tradisional gitu. Selain kue juga boleh kok bawa buah - buahan, terserah deh pokoknya. Nah waktu sampai di sekolah kue - kue itu ditaruh di meja masing - masing, nanti kan pasti ada kegiatan, jadinya kelasnya dikosongin.

Saat kelas kosong inilah tugas ibu guru untuk menukar - nukar kue - kue dari anak - anak sekelas ini. Setelah kegiatan selesai dan mau pulang, anak - anak masuk ke kelas lagi. Biasanya yang paling cepet masuk kelas adalah anak yang tadi pagi bawa kue dikit dan murah - murah, mereka tidak sabar melihat isi mejanya dengan kue yang enak - enak. Karena berdasarkan asas keadilan, maka tiap anak pasti mendapat jumlah kue yang sama, soal isi ya campur - campur lah, jadi beruntunglah anak yang tadi pagi bawa kue paling sedikit. Tetapi tetap saja ada yang lebih banyak dapat kue, yaitu ibu guru,hehehe.

Lomba Fashion islamic

Tak lengkap rasanya kalau lomba - lomba tanpa fashion show waktu itu. Jadi beberapa hari sebelum Maulud Nabi itu para wali kelas pasti dateng ke kelas masing - masing terus nyari cowok dan cewek paling kece di kelas itu. Kalau sudah tertangkap kalau dia kece, pasti langsung diminta wali kelas buat ikutan fashion show, entah dia punya bakan atau tidak. Fashion show nya diiringi musik - musik islami gitu, jadi sekalian liat anak SD paling kece, juga mendengarkan lagu syahdu. Baju muslim paling keren jaman SD itu adalah Dannis, mulai dari songkok sampai celana semua dannis, emang belinya jadi satu sih,hehehe. Tapi untung aja waktu SD belum ada kerudung punuk onta seperti yang lagi ngetrend sekarang, coba aja kalau ada, mungkin pada keseleo semua tuh leher anak - anak SD menahan beratnya hijab.

Ceramah agama

Ceramah agama ini tidak ketinggalan untuk mengisi daftar kegiatan Maulud Nabi saat SD. Biasanya pembicaranya didatangkan dari luar biar anak - anak gak bosen ketemu sama guru agama, apalagi kalau guru agamanya galak, wah pada kabur tuh anak - anak. Nah ada 2 tipe orang yang ceramah, ada yang biasa aja dan serius, jadi materinya itu berbobot banget, ada juga yang lucu banget, jadinya yang keinget sama anak - anak itu kata - kata humornya, bukan materi agamanya, jadi tinggal pilih mau yang mana. Tapi anak - anak paling suka sama yang banyak humornya, ketawa anak SD kan masih lebay - lebay gitu, ketawa sampai nendang - nendang temen sebelah. Biasanya di akhir ceramah kita disuruh ngumpulin resume isi ceramah tadi, saatnya nyontek rame - rame di pojokan musholla.

Main PS sepuasnya

Nah ini yang paling ditunggu, main PS sepuasnya,hahaha. Jaman SD itu jaman dimana buat main aja dibatasi, karena harus rajin les sama belajar. Biasanya sih boleh main PS pas hari libur doang, kalau gak sabtu sama minggu. Nah waktu ada acara maulud nabi kan pasti pulangnya gak sampai siang, paling jam 11 udah pulang, jadinya pulang sekolah langsung rame - rame main PS di rumah, senangnya. Tidak lengkap rasanya main PS tanpa ada kue yang menemani, alhasil kue hasil tukar - menukar di kelas tadi menjadi teman kami selama bermain PS ini. Winning Eleven menemani siang hingga sore kami tanpa lelah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge