15 Januari 2014

Mainan cowok jaman SD


Dinihari gini kenapa ide pada muncul semua ya, padahal mata udah merem melek sambil ngetik. Gara - gara bikin postingan tentang kegiatan SD, jadi keinget mainan cowok yang hits banget waktu aku SD. Kalau gak salah mainan - mainan ini muncul waktu aku udah jadi senior di SD, sekitar kelas 4 atau 5 gitu lah. Ini bukanlah mainan tradisional karena saat itu sudah banyak serial TV Jepang yang tayang tiap hari Minggu. Waktu itu toko mainan rame banget sama anak - anak SD yang lagi beli mainan - mainan ini. Tapi ada juga lho orang dewasa yang suka mainan ini, tentu saja dengan level yang lebih tinggi. Berikut adalah mainan -mainan tersebut.

Tamiya

Kayaknya ini biang keladi dari semua permainan modern ini. Dulu demen banget pantengin TV demi liat tamiya ini. Entah kenapa seru banget gitu waktu liat, apalagi ada turnamen nya. Ketika diingat - ingat kayaknya polos banget liat acara ini, bisa - bisanya mobil kecil tanpa kemudi belok - belok sendiri di jalanan, atau menghindari pohon di depannya, bahkan bisa saling serang antar mobil tamiya, padahal di dunia nyata hanya bisa belok kalo ada jalur khusus tamiya. Waktu itu heboh banget sama mainan satu ini, mulai dari tamiya yang paling murah sampai yang mahal ada semua. Saking sukanya sama tamiya, aku sampai punya arena khusus tamiya yang 2 jalur, keren banget kan,hehehe.

Tamiya yang mahal biasanya harus kita rakit sendiri. Biasanya pulang sekolah rame - rame tuh rakit tamiya di rumah. Kalau udah agak professional malah bisa di custom semau kita, pake ban yang warna warni kek, pake dinamo yang melilit sendiri kek, pake body yang enteng kek, terserah deh pokoknya. Saat saya kuliah sekarang pun kayaknya masih ada deh yang jual tamiya, meskipun gak seheboh dulu. Mungkin sekarang tamiya dipake orang - orang yang professional kali ya.

Beyblade

wah, ini nih, gasing masa kini. Berbarengan dengan tamiya, ada juga mainan yang namanya beyblade. Penyebab munculnya pun sama, yaitu tayangan di TV waktu hari minggu. Tidak jauh berbeda dengan tamiya, Beyblade ini juga membuatku merasa polos sekali, waktu tayang di TV lama banget dia muternya, trus bisa saling serang antar beyblade, nurut pula sama perintah pemiliknya, mungkin itu beyblade yang udah dikasih mantra, atau bayblade dukun. Kalau yang di dunia nyata sih palingan muter juga 3 menit. Tidak kalah dengan tamiya, beyblade juga punya arena tersendiri.

Sebelum arenanya mampu aku beli, biasanya sih aku sama temen - temen main pake panci yang gedhe, ambil sembunyi - sembunyi di dapur. Tapi main pake panci ini kayak nonton orang lagi ngelas, suaranya keras banget. Akhirnya aku beli arena asli yang terbuat dari plastik. Nah beyblade ini juga berbagai macam, ada yang murah ada yang mahal. Tali penariknya pun ada macem - macem, ada yang pendek ada juga yang panjangnya kayak tali jemuran.

Crush Gear

Nah, ini permainan yang agak terakhir munculnya. Jadi ceritanya tuh sama juga kayak beyblade dan tamiya, gara - gara acara TV. Acara TV nya pun juga khayal, crush gearnya tuh dilempar sama pemiliknya trus bisa saling kejar - kejaran sama saling serang gitu. Karena waktu itu aku termakan tayangan di TV, alhasil aku coba lempar aja tuh crush gear, eh bukannya saling serang malah menggelepar tak berdaya. Waktu aku tabrakin ke tembok juga gak bisa belok - belok sendiri, dasar TV penipu. Nah, beda dengan 2 mainan di atas, crush gear ini arenanya tidak dijual, terserah mau main dimana.

Waktu itu sih aku mainnya pake area kosong di tengah arena tamiya yang aku punya. Gara - gara mainan - mainan ini jadi muncul yang namanya baterai cas casan, yaitu baterai yang bisa diisi ulang. Waktu itu merek yang paling terkenal yaitu sanyo, anak yang punya baterai sanyo pasti dibilang paling keren. Mobil crush gear itu diliat - liat keren banget lho, ada senjata yang nusuk - nusuk gitu, coba ada mobil beneran kayak gitu, gak ada yang namanya perampok jalanan.

Yu Gi Oh!

ini nih mainan jaman dulu yang sekarang masih eksis baik di dunia nyata maupun maya. Mainan kartu - kartuan ini nge hits juga karena tayangan di TV. Ini mainan paling murah jalan SD dulu, karena gak usah pake baterai. Waktu tayang di TV tuh kan tokoh yang ada di dalem kartu itu bisa muncul 3 dimensi trus saling serang gitu, aku kira bisa beneran kalo beli arenanya, pasti keren banget kan. Nah waktu itu ada gosip diantara temen - temen kalau ada yg jual arenanya, kalau gak salah harganya 5 ribu, mahal buat anak SD. Waktu aku beli ternyata hanya kertas yang udah tercetak dengan background ala Yu Gi Oh! gitu, kirain bisa memunculkan tokoh kartu beneran, kecewa deh.

Saat ini sih temen - temen banyakan mainnya di laptop, pake aplikasi games gitu. Dan kalau udah remaja gini baru tau kalau ada kartu yang palsu sama asli. Kalau kartu palsu sih enak, bisa bikin kumpulan tokoh yang kuat - kuat, kalau asli kayaknya gak bisa deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge