15 Januari 2014

Pentingnya Personal Branding



Awal saya tahu tentang ini berasal dari teman saya yang bergerak di bidang desain. Sebenarnya sebelum tahu dari temen saya ini saya udah tahu dikit - dikit lah, tetapi dari teman saya ini saya menjadi lebih tahu tentang branding ini, dan baru tahu juga di gramedia udah banyak buku yang menjual buku yang membahas tentang branding. Nah, disini saya gak akan membahas tentang branding - branding yang lain, tetapi akan membahas tentang personal branding. Ketika saya cari di mbah google ternyata personal branding sudah menjadi topik yang hangat dibicarakan. Lebih lanjutnya silahkan melanjutkan di bawah ini.

Jaman dahulu ketika ada seseorang yang akan melamar pekerjaan, biasanya orang itu dilihat dari test potensi akademik dan hasil wawancaranya, ditambah dengan pengalaman organisasinya. Saat ini pun metode untuk seleksi tersebut masih sama, hanya saja ada aspek tambahan yang mulai diterapkan oleh perusahaan, yaitu melihat potensi atau kepribadian seseorang melalui jejaring sosialnya. Sudah banyak beredar kabar bahwa ketika menyeleksi seseorang, sang screener juga akan melihat akun FB, twitter, dan berbagai macam akun yang dia miliki. Bisa dibayangkan kalau kita melamar kerja di perusahaan besar tetapi status kita di FB masih alay - alay atau banyak kutipan galau yang kita posting, pasti sang screener berpikir dua kali untuk menerima kita sebagai karyawannya. Berbeda cerita ketika apa yang kita lakukan di dunia maya itu sangat bermanfaat seperti kita menjadi relawan sebuah gerakan sosial dan kita bercerita tentang itu di blog, atau FB kita gunakan untuk membuat sebuah langkah maju untuk lingkungan sekitar, hal - hal tersebut akan membuat kita menjadi baik di mata screener.

Sadar tidak sadar ketika kita melakukan itu semua kita telah membuat sebuah personal branding pada diri kita. Kita telah membuat "merek" yang menempel pada diri kita. Orang lain akan memberikan cap pada diri kita, apakah kita adalah orang yang suka galau, atau kita adalah orang yang pintar, orang yang rajin, orang yang visioner, dan sebagainya, semua akan terlihat ketika kita melakukan sesuatu di dunia maya. Maka dari itu sejak dini alangkah lebih baik jika kita telah membuat "merek" diri kita itu menjadi merek yang baik, sehingga ketika saatnya nanti kita dihadapkan pada seorang screener, kita akan PD. Untuk membuat personal branding yang baik tidak harus mengeluarkan sesuatu yang berat, cukup bertindak baik di berbagai dunia, buat ketika seseorang mengetikkan nama anda di google yang keluar adalah hal - hal spektakuler yang telah anda lakukan, buatlah anda berbeda dengan orang lain, dan berikan sesuatu yang baik pada lingkungan sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge