29 Januari 2014

Trip to Candi Singosari : Napak Tilas Kejayaan Kerajaan Singosari

Oke, kali ini saya akan mengunjungi tempat yang sebenarnya tidak asing bagi saya karena saya sering lewat daerah sini, hanya saja tidak mampir ke candinya. Berhubung tema liburan kali ini adalah mengunjungi candi - candi di daerah sekitar kota tempat saya tinggal, akhirnya saya mengunjungi candi Singosari ini. Seingat saya terakhir saya pergi ke tempat ini adalah saat saya masih SD, sudah belasan tahun yang lalu. Letaknya tidak jauh dari jalan raya Malang Surabaya, jika sudah sampai di daerah pasar singosari dari Malang ke arah Surabaya maka tinggal belok saja ke jalan sebelah kiri, akan ada petunjuk dimana candi ini berada, jaraknya hanya sekitar 1 km dari jalan raya tadi. Saya kira letaknya bakalan masuk ke daerah agak sepi, ternyata candi ini terletak di tengah pemukiman padat. Hanya ada 1 bangunan saja di candi Singosari ini.





Saat saya datang ada serombongan turis dari Spanyol yang menikmati juga candi ini, saya tidak yakin semua orang jawa timur pernah ke candi ini, padahal orang Spanyol saja pernah, itulah perbedaan bagaimana cara orang barat begitu tertarik dengan hal - hal semacam ini. Seperti saat saya ke candi di daerah Trowulan, saya diharuskan mengisi buku tamu dan memberikan sumbangan seikhlasnya di candi ini.




Perbedaan dengan candi di Trowulan adalah candi ini tersusun dari batuan asli seperti candi borobudur dan prambanan, sehingga badan candi boleh dinaiki oleh pengunjung, berbeda dengan candi di Trowulan yang tersusun dari batu bata sehingga tidak boleh ada pengunjung yang naik ke badan candi. Keheranan saya sama dengan saat di Trowulan, sisa sisa kerajaan hanya tinggal sebuah bangunan kecil seperti ini lalu bagaimana kabar kerajaan besar yang dulu pernah ada, kemanakah sisa - sisa kejayaannya, entahlah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge