29 Januari 2014

Trip to Trowulan : Patung Budha Tidur terbesar sampai Berbagai Candi Majapahit



Wisata kali ini saya akan mengunjungi wisata yang berpendidikan. Bukan, ini bukan wisata ke sekolah saya dulu, tetapi pergi ke beberapa tempat wisata yang ada di daerah Trowulan Mojokerto. Disini adalah tempat dari kerajaan Majapahit dulu berdiri, kerajaan Majapahit adalah kerajaan terbesar di Indonesia di masa jayanya, sampai - sampai daerah kekuasaannya melebihi Indonesia sekarang, luar biasa. Tidak hanya candi - candi saja yang saya kunjungi, tetapi sebuah patung Budha tidur yang katanya terbesar ketiga di dunia, kata terbesar di dunia nya itulah yang membuat saya penasaran, apalagi letaknya tidak terlalu jauh dari kota tempat saya tinggal. Tempat pertama yang saya kunjungi adalah patung Budha ini karena letaknya yang agak terpisah dari kawasan candi di Trowulan. Trowulan terletak di daerah Mojokerto yang mengarah ke Jombang dan tidak terlalu jauh dari kota.







Tidak ada penunjuk jalan khusus yang mengarahkan kami ke tempat ini, jadi jika tidak bersama tour guide maka harus banyak - banyak bertanya pada warga sekitar agar tidak tersesat karena tempatnya masuk ke pemukiman warga. Setelah berbelok - belok dan bertanya pada warga akhirnya kami sampai disini. Karena bukan hari libur maka tidak terlalu ramai, hanya ada satu rombongan sekolah yang datang. Untuk masuk tidak perlu membayar, langsung saja masuk ke dalam. Kawasan patung ini tidak terlalu luas, hanya ada seperti sebuah gedung ibadah dan halaman serta tentu saja patung ini. Di bagian sekitar patung dihiasi oleh relief yang sepertinya bercerita tentang Budha ini, tetapi kita tidak bisa masuk ke dalam patungnya karena dikunci, mungkin harus ijin terlebih dahulu jika ingin melihat ke dalam patung.






Tepat di depan patung ada stan yang berjualan oleh - oleh. Setelah ini kami mampir di candi Brahu yang letaknya tidak terlalu jauh dari kawasan patung Budha ini. Untuk masuk kesini kita harus mengisi buku tamu dan membayar seikhlasnya, hal ini berlaku untuk semua candi yang ada di kawasan Trowulan ini. Hanya ada 1 bangunan di candi ini, daerah sekitarnya pun masih kawasan sawah, sepertinya pada jaman dahulu disini ada banyak bangunan, hanya yang tersisa hanya ini saja. Candi kedua yang saya kunjungi adalah candi Bajang Ratu. Disini candinya juga hanya ada satu bangunan, tetapi kawasannya lebih luas dan lebih cantik karena ada taman yang indah. Candi terakhir yang saya kunjungi adalah candi tikus yang unik, karena letaknya ada di bawah permukaan tanah, tidak seperti 2 candi sebelumnya yang ada di atas tanah.





Sepertinya ini merupakan candi yang digunakan untuk tempat mandi pada jamannya dulu. Taman di candi ini juga indah, tetapi lebih indah taman di Bajang Ratu. Ada satu hal yang mengganjal, kata teman saya dulu kerajaan majapahit adalah kerajaan terbesar, tetapi kok peninggalannya hanya seperti ini, apakah semua sudah terpendam di bawah tanah, saya tidak tahu, harapan saya sih peninggalan kerajaan Majapahit terus dicari karena merupakan peninggalan yang bersejarah. Setelah mengunjungi candi ini kami pun pergi ke pacet untuk wisata kuliner bakso pecel seperti yang sudah ada di posting sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge